CSIS: 52 Persen Alutsista TNI Berusia di Atas 30 Tahun

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 03 Jul 2015 18:07 WIB
CSIS: 52 Persen Alutsista TNI Berusia di Atas 30 Tahun
Ilustrasi Alutsista. Foto: Aditya Hendra/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Centre For Strategic and International Studies (CSIS) mencatat sebanyak 52 persen dari total jumlah alutsista TNI berusia relatif tua. Sebagian besar sudah berusia di atas 30 tahun. 

Namun demikian, kata peneliti CSIS Iis Gandarsih, usia alutsista tidak lantas bisa disebut tak layak dioperasikan. Pengoperasiannya bergantung pada sistem pemeliharaan, perbaikan serta perkembangan teknologi militer di kawasan. 

"Tapi kondisi ini tentu menjadi perhatian publik ketika kecelakaan fatal pesawat militer acapkali terjadi di Indonesia," kata Iis dalam media briefing situasi dan kondisi alutista, Gedung Pakarti Center, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Oleh karena itu, Iis mengingatkan DPR dan pemerintah dapat mengintensifkan upaya modernisasi alutista mengikuti perkembangan militer saat ini.

"Komitmen anggaran sebesar 1,5 persen dari GDP Indonesia pun patut menjadi momentum berharga untuk membangkitkan kembali kejayaan industri pertahanan dalam negeri," kata dia.

Berdasarkan data base CSIS Desember 2014, TNI mengoperasikan sebanyak 160 jenis alutista dengan komposisi 64 persenjataan matra darat atau TNI AD, 56 sistem matra laut atau TNI AL, dan 40 tipe pesawat matra udara atau TNI AU.
(KRI)