Review APU

Menjajal Kemampuan AMD A10 7870K Godavari

Insaf Albert Tarigan    •    Jumat, 03 Jul 2015 18:41 WIB
review gadget
Menjajal Kemampuan AMD A10 7870K Godavari
AMD A10 7870K Godavari akan segera tersedia di Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Walaupun diumumkan secara bersamaan dengan Carrizo pada Computex 2015 bulan lalu, AMD Godavari tidak begitu menarik perhatian media. Apalagi, ketika itu, kebanyakan jurnalis sudah fokus menunggu kartu grafis Fury dan Fury X serta Radeon seri 300.

Selain itu, secara global, AMD sudah mengumumkan Godavari pada akhir Mei, dengan produk unggulan seri A10 7870K. Untuk Anda yang belum tahu, ini adalah prosesor atau Accelerated Processing Unit (APU) terbaru AMD yang masih menggunakan soket FM2+, sama dengan pendahulunya, Kaveri. Artinya, ia masih bisa Anda pakai pada semua motherboard yang menggunakan soket tersebut.

Beberapa media menyebut Godavari sebagai Kaveri Refresh, mengikuti gaya penamaan Intel yang juga merilis lini produk Intel Haswell Refresh. Namun, dalam ulasan ini, kami akan menyebut nama resminya saja, Godavari.

Perlu diketahui, secara garis besar, Godavari masih sama dengan Kaveri. Fabrikasinya, misalnya, masih sama-sama 28nm. Dalam presentasinya kepada sejumlah media dari Asia Pasifik di Taipei, Taiwan, Juni lalu, AMD mengatakan, A10-7870 ditargetkan untuk penggemar eSports.

Karena itu, mereka juga menguji APU ini dengan memainkan game-game paling populer di dunia eSports, termasuk DOTA 2, League of Legends, Counter Strike dan StarCraft II. AMD mengatakan, Godavari dirancang agar dapat bekerja maksimal dengan Microsoft Windows 10 yang akan dirilis bersamaan dengan DirectX 12.

Jika ditilik lebih dalam, AMD A10 7870K terdiri-dari Radeon R7 Graphics 8 Core berkecepatan 866MHz. Ia juga sudah mendukung teknologi AMD FreeSync, juga Virtual Super Resolution yang membuat tampilan layar jadi jernih ketika Anda bermain game.

Menariknya, AMD mengklaim, Godavari cukup mumpuni memainkan eSports tanpa perlu dukungan kartu grafis secara terpisah. Untuk membuktikan hal tersebut, kami menguji Godavari di lab Metrotvnews.com dan membandingkannya dengan pendahulunya, A10 7850K.

Pengujian sama-sama dilakukan menggunakan motherboard ASUS A88X-Pro yang memiliki fitur turbo boost. Dalam keadaan standar, base clock Godavari adalah 3,9GHz dan meningkat menjadi 4,2GHz hanya dengan mengaktifkan turbo boost. Sebagai perbandingan, base clock A10 7850K hanya 3,7GHz dan turbo boost hanya 4,1GHz. Menariknya, TDP maksimum Godavari masih sama dengan Kaveri, yaitu 95 Watt.

Frekuensi clock GPU Godavari juga meningkat menjadi 866MHz dibanding 720MHz milik Kaveri. Dalam proses pengujian kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark sintetis sekaligus juga memainkan dua eSports paling terkenal, DOTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive dengan pengaturan High. Sebagai catatan, pengujian dengan DOTA 2 tidak dalam permainan online, melainkan melawan bot.

Pada tahap pertama, kami menguji A10 7870K dengan Super Pi, untuk mengetahui kecepatan "berpikir" APU ini dalam memecahkan bilangan Pi hingga 32 juta digit. Hasilnya, dapat Anda lihat di bawah ini.



Selanjutnya, kami menggunakan 3DMark dan Cinebench untuk mengetahui kemampuannya mengolah grafis saat kita gunakan untuk bekerja dan bermain game. Lagi-lagi skornya meningkat cukup signifikan dibanding A10 7850K. Sayangnya, pengujian menggunakan PCMark8 belum berhasil kami lakukan karena selalu crash di tengah jalan. Masalah belum terpecahkan sampai dengan tenggat artikel ini tiba.





Bagaimana jika digunakan bermain DOTA 2 dan CS? Skor keduanya hanya terpaut tipis, seperti Anda lihat di bawah ini.



Secara keseluruhan, AMD A10 7870K Godavari adalah pilihan sangat menarik bagi penggemar eSports dan tak punya banyak dana untuk membeli kartu grafis terpisah. Ia sudah cukup mumpuni dan enak digunakan untuk bermain DOTA 2 dan CS. Secara internasional, harganya juga hanya terpaut tipis dengan AMD A10 7850K. Sayangnya, belum ada informasi harganya di pasar Indonesia. Sebagai gambaran, di Enterkomputer, A10 7850K dipatok Rp2.020.000.



(ABE)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA