Bus Aman untuk Mudik Ditempeli Stiker Laik Jalan

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 03 Jul 2015 21:10 WIB
Bus Aman untuk Mudik Ditempeli Stiker Laik Jalan
Dishub Brebes sidak angkutan mudik lebaran, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memeriksa bus angkutan umum lebaran 2015 di Terminas Bus Tanjung. Setiap bus yang masuk ke terminal tak luput dari pemeriksaan.

Tim penguji mengecek kelengkapan bus beserta dokumennya. Beberapa di antaranya kondisi lampu, ban, rem, tabung pemadam kebakaran, dan sabuk pengaman.

"Pemeriksaan bus umum tersebut dilakukan untuk menjamin dan keselamatan penumpang angkutan lebaran 2015. Ada sebuah bus yang tidak diberi stiker laik jalan karena tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman," papar Kepala Dishubkominfo Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo, Jumat (3/7/2015).

Nantinya, Mayang menambahkan, pemeriksaan akan mendata angkutan yang tak laik jalan selama mudik. Bus yang laik jalan akan mendapat stiker.

Sementara itu, Manajer Bus PO Dedy Jaya, Khurotul Fauzi menuturkan, dalam rangka menghadapi lebaran, pihaknya telah mempersiapkan armadanya sejak dini untuk dioperasionalkan. Semua kendaraan telah dicek secara keseluruhan dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Ada sekitar 200 armada yang diturunkan dalam rangka membantu pelayanan angkutan lebaran tahun ini. Kami juga telah melakukan tes kesehatan kepada sopir dan kru bus agar mereka benar-benar telah siap,”pungkas Fauzi.
(RRN)