Gagasan Electoral Vote Patut Didukung

Meilikhah    •    Jumat, 03 Jul 2015 21:17 WIB
pilkada serentak
Gagasan <i>Electoral Vote</i> Patut Didukung
Warga pendamping memeriksa kertas suara saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05, RW 02, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Sabtu (19/7). (Foto: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik dari Populi Center Nico Harjanto, menyambut baik gagasan electoral vote yang diusulkan Partai NasDem. Meski, kata dia, masih banyak kekurangan di dalamnya.

Menurut dia, partai politik (parpol) memang seharusnya punya gagasan-gagasan untuk membuat mereka tetap proaktif dalam pemerintahan. Parpol, kata dia, tak harus manut pada sistem yang ada.

"Partai politik jangan hanya jadi pelengkap penderitaan, tapi butuh gagasan-gagasan agar banyak diskursus untuk memperkaya wacana. Harusnya semua partai politik proaktif, saya setuju dengan NasDem," kata Nico, di DPP NasDem, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Gagasan electoral vote usulan NasDem, kata dia, harus didorong bukan karena kekurangan atau hanya kepentingan semata. Dia menilai, NasDem punya itikad baik untuk menelurkan gagaan-gagasan sebagai upaya memajukan sistem pemilihan umum di Indonesia ke arah lebih baik.

"Ini wacana yang advance, mungkin agak lain. Tapi tetap harus didorong. Agar untuk mengubah Undang-Undang pemilu tetap harus bisa membuka semua ruang dialog terhadap semua aspek, termasuk gagasan-gagasan yang dimiliki parpol," pungkas dia.


(OGI)