Dua Pekan Jelang Lebaran, Permintaan BBM Naik 6 Persen

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 03 Jul 2015 21:27 WIB
Dua Pekan Jelang Lebaran, Permintaan BBM Naik 6 Persen
Sebuah SPBU di Pantura kehabisan stok, Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Permintaan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Pantura meningkat pada momen mudik Lebaran. Diperkirakan kebutuhan BBM saat lebaran meningkat hingga 15 persen di Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

"Sekarang ini, dua pekan jelang Lebaran, memang ada peningkatan permintaan BBM jenis solar dan premium mencapai 6 persen. Kemungkinan, jumlah permintaan akan terus naik hingga lebaran sampai 15 persen," ujar Operation Head Terminal BBM Tegal, Bimo Sagus Ariyanto, Jumat (3/7/2015).

Menurutnya, melonjaknya permintaan BBM khususnya jenis Premium dan Solar, tidak terlepas dari  meningkatnya jumlah arus angkutan umum dan angkutan barang yang melintas di empat Kabupaten tersebut.

Saat ini, jumlah SPBU yang dipasok dari Terminal BBM Tegal berjumlah 67 tersebar di empat kabupaten.  Setiap hari mereka disupply rata-rata 1400 hingga 1500 kiloliter.  Namun demikian, jumlahnya kenaikanya masih fluktuatif dan terjadi di beberapa SPBU yang berada di wilayah strategis.
(RRN)