Jelang Pengumuman, Pansel KPK Lembur

LB Ciputri Hutabarat    •    Sabtu, 04 Jul 2015 01:47 WIB
pansel kpk
Jelang Pengumuman, Pansel KPK Lembur
Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK memberikan keterangan pers di Gedung Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Selasa (23/6). (FOTO: MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan peserta yang lolos tahap administrasi pada Sabtu 4 Juli 2015. Dengan jumlah pendaftar hampir 600 orang, Pansel KPK berkerja lebih untuk menyortir data administrasi yang masuk.

"Kelihatannya begitu (lembur), di sini kita sampai malam baca CV menentukan lolos atau tidak. Tiga hari terakhir kita lumayan panjang, kita baca satu-satu CV nya," kata Jubir Pansel Betti Alisjahbana kepada wartawan, di Sekretariat Negara, Jumat (3/7/2015).

Dalam penyeleksian, Betti menjelaskan, seorang peserta tak hanya dilihat dari kelengkapan berkas administrasi saja. Dari segi undang-undang, seorang capim KPK harus memiliki pengalaman sebanyak 15 tahun di bidang hukum, ekonomi maupun perbankan.

"Tapi kita lihat juga apakah (pengalaman) cukup besar sehingga punya kapasitas memimpin organisasi sebesar KPK," tegas dia.

Sampai sekarang, Pansel KPK sudah mengantongi 580 nama. Dari jumlah tersebut banyak juga calon yang berprofesi dokter, wartawan, guru dan petani. Dikatakan Betti, jumlah ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi.

Pendaftaran capim KPK resmi ditutup hari ini pukul 12.00 WIB tadi. Sabtu 4 Juni besok, Pansel KPK akan mengumumkan nama-nama yang lolos tahapan administrasi. Nama-nama itu nantinya mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yang ditentukan Pansel KPK.


(OGI)