Bijak Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Nia Deviyana    •    Sabtu, 04 Jul 2015 10:34 WIB
kesehatannyeri
Bijak Menggunakan Obat Pereda Nyeri
Nyeri seringkali muncul secara tiba-tiba. (Foto:westonmedicalhealth.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri seringkali menyerang secara tiba-tiba. Dan dalam mengatasi nyeri, masyarakat seringkali dihadapkan dengan banyak pilihan obat penahan rasa sakit yang beredar di pasaran. 

Meski banyak pilihan obat, dr. Jimmy F.A. Barus, M. S.c., Sp.S, Neurologist dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya mengimbau pasien bijak dalam menggunakan obat pereda rasa nyeri.

"Untuk nyeri ringan sehari-hari, bisa menggunakan obat analgetika yang dijual bebas, tetapi lebih baik konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan," saran dia. 

Nantinya, dokter akan mengevaluasi sifat dan jenis nyeri agar penanganan bisa lebih efektif. Lebih lanjut, obat penghilang rasa nyeri sebaiknya digunakan sesuai rekomendasi untuk menghindari penggunaan berlebihan. Menggunakan analgetika berlebihan berdampak pada kondisi yang semakin parah. 

Kenali pula tanda-tanda Anda harus berhenti mengonsumsi obat. "Kalau sudah minum berkali-kali enggak ada efek positif, sebaiknya berhenti," tandasnya.


(LOV)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA