Susaningtyas: Pembenahan Alutsista Harus Menyeluruh

Githa Farahdina    •    Sabtu, 04 Jul 2015 11:07 WIB
alutsista tni
Susaningtyas: Pembenahan Alutsista Harus Menyeluruh
Susaningtyas (paling kiri)---------Metrotvnews.com/Farah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, menilai pembenahan soal alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI tak akan selesai hanya dengan membicarakannya di media sosial. Pembicaraan soal pembenahan alutsista, harus dilakukan secara menyeluruh.

"Mari duduk bersama, ini harus dibicarakan matang, integrated dan holistic. Kita kemarin hanya bicara modernisasi dan pembaruan. Kita juga harus melihat regulasi. Bagaimana kebijakan dan implementasinya di bawah," kata Susaningtyas dalam diskusi di Warung Daun, Jalan Raya Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2015).

Nuning menyebut, salah satu penyebab jatuhnya Hercules C-130 yang santer ke telinganya adalah  karena kelebihan beban (overweight). Jika kabar itu benar, tambah Nuning, yang harus diperbaiki bukan soal moderinisasinya saja.

"Kalau menurut saya, regulasi juga sebuah keniscayaan. Ini overweight yang ketahuan, yang tidak ketahuan ada berapa? Ini harus ditinjau semuanya. TNI secara keseluruhan harus melihat pembenahan secara holistic," terang mantan anggota Komisi I DPR periode 2009-2014 ini.

Karena itu, TNI harus melakukan riset yang benar terkait masalah alutsista ini. Hasil riset bisa digunakan TNI untuk mengambil kebijakan dengan berkoordinasi dengan DPR.

"Research harus objektif sehingga kita tahu kelemahan pembangunan sistem pertahanan kita. Sekarang menghadapi eskalasi berbagai macam ancaman, ada ancaman Laut China Selatan, dll. Apalagi sekarang ada proxy war, cyber war, jadi jangan omdo (omong doang)," tegas Nuning.
 


(TII)