Kapolda: Operasi Ketupat Diintensifkan di Lokasi Publik

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 04 Jul 2015 11:52 WIB
ramadan 2015
Kapolda: Operasi Ketupat Diintensifkan di Lokasi Publik
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian (Kedua dari kiri)---------Metrotvnews.com/Eko

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian mengungkapkan, pihak kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat dalam menjaga keamanan jelang Lebaran, dengan operasi terbesar akan dikendalikan di bawah koordinasi Mabes Polri. Operasi akan diintesifkan di lokasi publik.

"Di daerah-daerah akan digelar operasi paralel mulai tanggal 10 sampai 25 (Juli). Sebelum itu akan ada kegiatan cipta kondisi, sesuai prediksi ancaman kita," ‎ujar Tito dalam diskusi 'Keamanan Jelang Lebaran' di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (04/7/2015).

Tito menerangkan, operasi akan diintensifkan di lokasi publik, seperti di terminal dan pelabuhan. Sebab, kata dia, calo dan copet banyak berkeliaran di dua tempat itu.

"Di terminal pelabuhan lakukan cipta kondisi, calo copet banyak terpetakan. Tangkap mereka, buktikan secara hukum. Anda main kita sikat. Harus berani ambil sikap. Agar Masyarakat merasa nyaman, tidak masuk sarang macan," jelasnya.

Selain itu, pihak Kepolisian juga akan membangun posko untuk menjaga keamanan selama arus mudik. Posko dibangun di sepanjang jalur mudik dan di tempat-tempat istirahat yang dianggap sebagai tempat rawan kejahatan.

"Kita juga kordinasi dengan TNI, pengelola tempat pasar, pelabuhan dan hiburan yang nanti membludak untuk membuat sistem pengamanan," tandas dia.


(TII)