Telkom Bidik Bisnis Digital Sumbang 45% ke Pendapatan

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 04 Jul 2015 11:53 WIB
telkom
Telkom Bidik Bisnis Digital Sumbang 45% ke Pendapatan
Ilustrasi -- MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) berjibaku keras dalam meningkatkan porsi bisnis digital. Pada tahun ini, perseroan menginginkan kontribusi pendapatan bisnis digital bisa meningkat menjadi 45 persen, dari posisi tahun lalu sebesar 35 persen.

"Kami canangkan digital bisnis di tahun ini. Digital bisnis meliputi connectivity broadband, Information and Communications Technology (ICT) service, dan digital content," kata Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awalludin, ketika ditemui dalam buka puasa bareng bersama Telkom Group di gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 3 Juli 2015.

Menurut Awalludin, enterprise dan business service memiliki kontribusi besar bisa digital bisnis perseroan yaitu mencapai 71 persen. Pada tahun ini, divisi enterprise and business service Telkom ditargetkan tumbuh 11 persen menjadi Rp11 triliun.

"Kami perkirakan target enterprise dan business service telah tercapai setengahnya sampai semester pertama," ungkap dia.

Dana belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk divisi tersebut dianggarkan sebesar Rp800 miliar. Rinciannya terdiri dari sebesar 46 persen untuk enterprise, 35 persen untuk government, dan 19 persen dialokasikan ke Small Medium Enterprise (SME).

Secara total, dana capex Telkom mencapai Rp22 triliun-Rp26,9 triliun. Dana itu bakal digunakan untuk ekspansi bisnis perseroan. Rinciannya 60 persen untuk penguatan infrastruktur mobile, 30 persen untuk penguatan broadband darat serta laut, dan sisanya 10 persen untuk anak usaha.

Pada tahun lalu, Telkom sendiri meraup laba bersih Rp89,69 triliun. Sedangkan di 2015, perseroan menargetkan laba tumbuh 20 persen menjadi Rp107,62 triliun.


(AHL)