Ini Keuntungan Ada Aturan TKDN 4G LTE

Husen Miftahudin    •    Sabtu, 04 Jul 2015 13:31 WIB
tingkat kandungan dalam negeri
Ini Keuntungan Ada Aturan TKDN 4G LTE
Menperin Saleh Husin bersama Mendag Rachmat Gobel menyaksikan Menkominfo Rudiantara yang menandatangani Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Persyaratan Teknis Alat Dan/Atau Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi Long Term Evo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendukung langkah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang menetapkan aturan terkait tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) perangkat 4G LTE. Juga dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel yang diharapkan impor perangkat 4G LTE ini dapat terus berkurang.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri tentang Persyaratan Teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi Longterm Evolution dimana kandungan lokal dalam gawai 4G sebesar 30 persen. Aturan ini berlaku efektif mulai 1 Januari 2017.

Saleh meyakini, aturan tersebut mampu meningkatkan kemampuan generasi muda Indonesia yang menggeluti pengembangan aplikasi smartphone. Jika terealisasi, maka pengembangan tersebut dapat berkontribusi pada peningkatan TKDN.

"Ini menjadi peluang desainer aplikasi baik yang masih bersekolah, kuliah maupun profesional muda mendapat kesempatan di industri raksasa smartphone," ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Ia melanjutkan, untuk mengakomodasi model bisnis teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis software atau design house, pihaknya akan melakukan kajian dalam enam bulan ke depan.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengungkapkan, keputusan itu merupakan buah kerja bersama tiga kementerian yaitu Kemenkominfo, Kemendag dan Kementerian Perindustrian. Sembari menunggu pemberlakuan di 2017, maka diperlukan peraturan-peraturan teknis melalui surat edaran bersama dari ketiga menteri tersebut.

"Latar belakangnya, karena penetapan dan pengawasan kebijakan ini mesti dilakukan bersama-sama. Sekaligus menunjukkan bahwa antara kementerian itu berjalan seiring, tidak ada yang ke kiri ketika yang lain ke kanan," pungkas Rudiantara.

Jika pemerintah mampu meningkatkan penggunaan perangkat 4G LTE lokal, maka potensi nilai tambah yang dibidik dari kebijakan ini cukup besar. Ini karena nilai impor smartphone Indonesia mencapai USD3,5 miliar. "Bahkan jika diperhitungkan dengan yang tidak resmi, maka mencapai USD4 miliar-USD5 miliar," tutup Rudiantara.

Aturan TKDN tersebut diterapkan untuk perangkat 4G berteknologi Longterm Evolution Frequency Division Duplexing (LTE FDD). Sedangkan TKDN untuk perangkat 4G berteknologi LTE-TDD, kemungkinan berlaku mulai 2019.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA