7 Peristiwa Penting Sepanjang Sejarah Islam Selama Ramadan

Meilikhah    •    Sabtu, 04 Jul 2015 13:33 WIB
ramadan 2015
7 Peristiwa Penting Sepanjang Sejarah Islam Selama Ramadan
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepanjang sejarah, bulan suci Ramadan menyaksikan banyak peristiwa luar biasa dan kemenangan bagi umat Muslim. Cahaya kemenangan yang paling luar biasa dalam sejarah Islam sebagian besar terjadi saat Ramadan.

1. Perang Badar, 2 Hijriah 
Perang badar adalah pertempuran pertama antara umat muslim dan non muslim yang terjadi antara Nabi dan para sahabatnya terhadap orang-orang kafir di Mekah.

2. Penaklukan Mekah 8 Hijriah
Dipimpin oleh Rasulullah, umat muslim dari Madinah menaklukan Mekah tanpa pertempuran. Hal ini menjadi sebuah kemenangan paling penting dalam sejarah Islam. Setelah itu, Islam terus berkembang di Semenanjung Arab.

3. Penaklukan Andalusia 9 Hijriah
Umat muslim yang dipimpin oleh Tariq bin Ziyad menyerbu kota perbatasan Spanyol di pantai Andalusia. Kemenangan tersebut berlangsung hingga delapan ratus tahun berikutnya.

4. Pertempuran Ain Jalut 658 Hijriah
Pertempuran ini terjadi antara Muslim Mamluk dipimpin oleh Qutuz dan Mongol secara permanen memenangkan umat Muslim.

5. Penaklukan Krimea 889 Hijriah
Asumsi bahwa satu-satunya pencapaian Sultan Utsmaniyah, Muhammad al Fatih adalah penaklukan Konstantinopel yang ternyata salah. Sultan Al Fatih juga ternyata telah menaklukan Serbia, Bosnia, Albania, Pantai Laut Hitam, termasuk Krimea yang berlangsung pada Ramadan tahun 889 H.

6. Penaklukan Nubia 31 Hijriah
Muslim melawan kelompok Nubia di Mesir Selatan dengan jumlah tentara 20 ribu orang dan menghasilkan perjanjian yang memungkinkan penyebaran Islam di Afrika Timur.

7. Mengalahkan Israel 1393 Hijriah
Tentara kedua Mesir dan Suriah melancarkan serangan di Semenanjung Sinai. Perang antara Israel berlangsung selama enam hari dan dimulai pada 10 Ramadan atau 6 Oktober 1973. (Onislam)


(MEL)