194 Capim KPK Lolos Seleksi Tahap I

Githa Farahdina    •    Sabtu, 04 Jul 2015 14:57 WIB
capim kpk
194 Capim KPK Lolos Seleksi Tahap I
Pansel KPK saat konferensi pers di Istana Merdeka----Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) akhirnya mendapatkan 194 nama capim KPK yang lolos seleksi tahap I. Jumlah tersebut disaring dari 611 pendaftar.

"Banyak yang memiliki latar belakang pendidikan bagus tapi kurang sesuai untuk KPK. Akhirnya melalui pleno kami putuskan bahwa para pendaftar yang lolos di tahap pertama adalah 194 peserta atau 32 persen yang lolos tahap pertama seleksi," kata Ketua Pansel KPK Destry Damayanti dalam konferensi pers di Kantor Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2015).

Sementara karakteristik peserta, kata Destry, sebanyak 23 perempuan atau sekitar 12 persen dan 171 pria atau sekitar 82 persen. Sementara profesi terbanyak lolos adalah konsultan hukum sebanyak 46 orang.

"Jenjang pendidikan, mayoritas peserta lulus, mereka mempunyai pendidikan S2 sekitar 46 persen. S3 ternyata besar, ada sampai 25 persen, sisanya S1," tambah Destry.

Kebanyakan mereka yang lolos berasal dari luar Jakarta sebanyak 51 persen, Jakarta 30 persen dan sisanya dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, NTT dan NTB, serta satu orang dari Maluku.

"Dari 194, mereka akan masuk ke tahapan kedua. Tahap kedua berkaitan dengan kompetensi diri, profil diri, kompetensi keilmuan dalam kaitannya dengan KPK," terang Destry.

Pansel KPK memutuskan, mereka yang lolos seleksi tahap I, membuat makalah atau tulisan deskripsi diri yang bisa dilihat di website resmi. Deskripsi diri harus dibawa pada saat tes tahap II pada 8 Juli 2015. Pengumuman untuk test makalah dilaksanakan pada 15 Juli 2015,

"Tes kedua yang harus diikuti seluruh peserta lulus, dia diharap mengikuti tes objektif terkait KPK dan membuat makalah kompetensi. Kami juga melibatkan independent leaders untuk membaca makalah," tambahnya.

Masyarakat pun diharapkan memberi masukan di website www.capimkpk.setneg.go.id. Masukan masyarakat dinilai penting sebagai masukan untuk Pansel KPK. Sementara tahap III peserta akan ikut assessment pada 27-28 Juli.

"Dari tahap III kami akan mendapatkan short list capim kpk yang diumumkan Agustus 2015. Tes kesehatan 18 Agustus. Akhir Agustus (tanggal 31) kami harapkan bisa memberikan nama capim KPK," tambahnya.


(TII)