Tips Olahraga yang Baik Saat Puasa

Nia Deviyana    •    Sabtu, 04 Jul 2015 16:22 WIB
kesehatan
Tips Olahraga yang Baik Saat Puasa
Olahraga saat puasa sesuai porsinya. (Foto:ansell.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga menjadi cara untuk menjaga kebugaran selama berpuasa. Namun, tentu kita tak bisa berolahraga kapanpun seperti hari-hari biasa saat menjalani ibadah puasa.

Spesialis olahraga dan kebugaran, Dr. Hario Tilarso, SpKO, memberi tips berolahraga di bulan Ramadaan. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti intensitas dan lama latihan. 

"Misal kalau hari biasa berolahraga setiap hari, di bulan Ramadaan cukup 3-5 kali saja. Begitupun dengan waktunya, jangan disamakan dengan berolahraga di hari biasa. Contoh kalau hari biasa 60 menit, di bulan Ramadaan cukup 30 menit," jelasnya.

Untuk waktu berolahraga, dr. Hario menyarankan untuk melakukannya beberapa menit sebelum berbuka puasa. "Biar pas, jadi ketika haus, kita bisa langsung mengganti cairan yang hilang saat berbuka," tambahnya.

Lebih lanjut, sebaiknya pilihlah olahraga yang tidak terlalu melelahkan, seperti jalan kaki, bersepeda, senam atau naik tangga. Diimbau pula untuk tidak berolahraga secara berlebihan ketika berpuasa.

"Kelebihan latihan bisa menurunkan imunitas sehingga mudah sakit. Kalau kita kelelahan, produktivitas pun akan menurun," pungkasnya. 


(LOV)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

1 hour Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA