Prancis Beri Penolakan, Pendiri WikiLeaks Bantah Ajukan Suaka

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 04 Jul 2015 16:43 WIB
wikileaks
Prancis Beri Penolakan, Pendiri WikiLeaks Bantah Ajukan Suaka
Pendiri WikiLeaks Julian Assange (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Paris: Pendiri WikiLeaks, Julian Assange ditolak pengajuan suakanya oleh Prancis. Namun Assange mengaku tak pernah mengajukan suaka tersebut.

Tim pembela Assange melontarkan isu bahwa Pemerintah Prancis telah menolak permintaan suaka Assange.

Sebelumnya kantor Presiden Prancis menilai Assange tidak dalam bahaya dan ada permintaan penangkapan terhadap dirinya di Eropa. Hal tersebut yang membuat suaka Assange ditolak.

Namun bantahan datang dari Assange, yang diserahkan oleh Ketua Tim Pembelanya, Baltasar Garzon. Bantahan berupa surat itu ditujukan langsung kepada Presiden Prancis Francois Hollande.

Selama ini pria asal Australia itu tinggal di Kompleks Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris sejak perintah ekstradisi ke Swedia dikeluarkan pada Juni 2012. Pria berusia 44 tahun itu takut bila diekstradisi ke Swedia, Assange akan diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) dan didakwa atas membocorkan dokumen rahasia.

Kepada media Prancis, Assange menggambarkan dirinya sebagai jurnalis yang diancam kematian oleh pihak AS. "Hanya Prancis yang saat ini bisa memiliki kemampuan untuk memberikan perlindungan dari bahaya yang saat ini saya hadapi," tulis Assange, seperti dikutip Reuters, Sabtu (4/7/2015).

"Saya hanya akan mengajukan suaka jika ada inisiatif diambil oleh pihak berwenang yang berkompeten," tutur Assange, membantah isu pengajuan suaka.

Selain itu, Assange juga menyebutkan dirinya tidak bisa bertemu dengan anaknya yang paling bungsu selama lima tahun. Saat ini anaknya tersebut hidup bersama sang ibu.

 


(FJR)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA