Ahmad Yani Sebut Kinerja KPK Belum Maksimal

Anggitondi Martaon    •    Sabtu, 04 Jul 2015 20:19 WIB
pansel kpk
Ahmad Yani Sebut Kinerja KPK Belum Maksimal
Ahmad Yani--MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu calon yang lolos seleksi calon pimpinan (Capim) KPK Ahmad Yani menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi belum maksimal. Dia menilai lembaga ini masih fokus dalam melakukan penindakan, belum menjalankan fungsi lainnya. 

"Saya apresiasi KPK yang berhasil di sektor penindakan. Namun dari sektor lain belum maksimal seperti fungsi koordinasi dan supervisi. Itu penting, dan selama ini agak terbengkalai," ungkap Ahmad Yani saat dihubungi Metrotvnews.com, Jakarta (4/7/2015).

"Terkait fungsi pencegahan kurang maksimal dan itu harus diperbaiki. Juga fungsi pengawasan juga belum maksimal," katanya.

Dalam seleksi tahap ke-II, mantan anggota Komisi III DPR ini akan memasukan pemikirannya agar KPK bisa menjadi lebih baik. Termasuk perbaikan aturan dasar KPK.

"Dalam makalah nanti, saya akan masukan perbaikan-perbaikan. Bukan revisi, karena konotasinya negatif dan melemahkan KPK. Perlu perbaikan UU KPK. Pasal-pasal yang multitafsir, struktur kelembagaan diperbaiki," kata dia.

Selain nama Ahmad Yani, Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK juga mengumumkan 193 nama capim KPK yang lolos seleksi tahap I. Jumlah tersebut disaring dari 611 pendaftar. Tes untuk tahap II akan dilakukan pada 8 Juli 2015. Pengumuman untuk tes makalah dilaksanakan pada 15 Juli 2015.


(SUR)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

40 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA