Mensos Khofifah Akui Masih Banyak Warga yang Belum Dapat Kartu Sakti

Agus Josiandi    •    Sabtu, 04 Jul 2015 21:12 WIB
kartu sakti jokowi
Mensos Khofifah Akui Masih Banyak Warga yang Belum Dapat Kartu Sakti
Foto: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa/MI_Bary Fathahilah).

Metrotvnews.com, Bangkalan: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa mengaku masih banyak warga negara Indonesia yang berhak masuk dalam daftar penerima tiga kartu sakti Jokowi belum terdata. Khofifah pun meminta pihak terkait untuk membantu proses percepatan validasi penerima bantuan.

Tiga kartu sakti yakni Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Keluarga Sejahtera itu belum tercetak semua. Ada proses verifikasi dan validasi data yang harus dilalui sebelum kartu dicetak dan dibagikan kepada penerima yang berhak.

"Setiap kunjungan ke daerah saya sempatkan untuk memantau ke warga-warga yang saya nilai berhak masuk dalam daftar penerima bantuan, ternyata masih banyak di antara mereka yang belum menerima bantuan dan belum terdata dalam daftar calon penerima," kata Khofifah Indar Parawangsa dalam kunjungan kerja ke Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (4/7/2015).

Terkait hal itu, Mensos meminta pemerintah daerah segera mendata penerima tiga kartu sakti yang benar-benar berhak menerima. Agar bantuan dari pemerintah pusat segera diturunkan.

"Khususnya kepala desa ya, selaku pimpinan di level paling bawah, saya minta segera lakukan pendataan agar verifikasi dan validasi dapat segera dilakukan. Sehingga masyarakat yang masuk kategori kurang mampu ini bisa segera merasakan bantuan pemerintah dan segala fasilitas yang ada di kartu sakti itu," imbuh dia.

Data dari Kementerian Sosial ada 20,3 juta kartu sakti yang disiapkan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu. Namun baru 6 juta kartu yang sudah tercetak. Kemensos mengaku masih melakukan verifikasi dan validasi data hingga jadwal akhir yang ditentukan yakni September 2015.


(TTD)

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

3 minutes Ago

Setya Novanto tidak menghadiri sidang kasus korupsi KTP-el. Setnov mengirimkan surat tak bisa h…

BERITA LAINNYA