Final Copa America 2015

babak 1: Permainan Keras Chile Sukses Redam Ketajaman Argentina

Hilman Haris    •    Minggu, 05 Jul 2015 04:06 WIB
copa america 2015
babak 1: Permainan Keras Chile Sukses Redam Ketajaman Argentina
Para pemain Chile tak segang melepaskan terjangan keras untuk menghentikan laju Messi (JUAN MABROMATA / AFP)

Metrotvnews.com, Santiago: Chile kontra Argentina pada babak pertama final Copa America 2015, Minggu 5 Juli berakhir dengan skor 0-0. Permainan defensif Chile menjadi salah satu alasan hasil itu tercipta. Tak hanya tampil bertahan, para penggawa Chile juga tidak jarang melakukan terjangan-terjangan keras guna menghentikan manuver Lionel Messi dkk.

Winger Argentina, Angel Di Maria menjadi korban pertama "keganasan" permainan keras Chile. Pesepak bola berusia 27 tahun itu terpaksa ditarik keluar pada menit ke-29 dan digantikan oleh Ezequiel Lavezzi akibat menderita cedera hamstring.

Messi juga tidak luput dari hantaman pemain Chile. Pada menit ke-34, Messi terlihat mengerang kesakitan usai ditendang di bagian perut oleh Gary Medel. Akibat pelanggaran keras itu, Medel akhirnya diberi hukuman kartu kuning oleh wasit pertandingan. 

Chile tidak menciptakan banyak sepakan mengarah ke gawang pada babak pertama. Namun, taktik serangan balik yang diterapkan Alexis Sanchez dkk beberapa kali sempat merepotkan pertahanan Argentina yang digala Marcos Rojo.

Argentina juga tidak kalah mandul. Walau menguasai pertandingan, Messi dkk kesulitan menembus pertahanan gerendel Chile. Praktis hanya ada dua peluang emas yang dibuat tim Tango pada babak pertama. Peluang perdana diperoleh Sergio Aguero melalui sundulan memanfaatkan umpan Messi. Namun gol tidak tercipta karena bola berhasil diamankan oleh kiper Claudio Bravo.

Peluang emas kedua Argentina tercipta pada menit ke-44. Ketika itu, manuver Messi dari sisi kiri hampir saja berbuah gol andai umpannya sukses disepak dengan sempurna oleh Lavezzi. 

Permainan defensif Chile dan ketidakmampuan Argentina mengonversi peluang menjadi gol akhirnya membuat skor sementara imbang 0-0. 


(HIL)