Presiden Jokowi Kultwit soal Energi Terbarukan di Indonesia

Surya Perkasa    •    Minggu, 05 Jul 2015 05:14 WIB
jokowi-jk
Presiden Jokowi Kultwit soal Energi Terbarukan di Indonesia
Foto: Twitter @jokowi

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo kultwit di akun Twitter resminya. Kali ini, Presiden Jokowi berbicara tentang potensi energi terbarukan di Indonesia.

Presiden mengawali kultwitnya dengan mengabarkan bahwa dirinya akan meresmikan PLTP (Pembagkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Kamojang V Garut. Selain itu Presiden akan hadir dalam peletakan batu pertama PLTP Ulubelu III dan IV di Lampung.

Presiden mengatakan, Indonesia harus segera mempercepat alih energi dari energi fosil ke energi terbarukan. "Kita harus melakukan percepatan bauran energi terbarukan. Energi fosil harus mulai dikurangi," tegas Presiden di akun Twitter @jokowi, Minggu (5/7/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, Indonesia memiliki banyak potensi energi terbarukan. Sayangnya, sumber energi ini belum maksimal dimanfaatkan.

Indonesia berada di kawasan cincin api yang memiliki potensi panas bumi yang melimpah. Selain panas bumi, Indonesia juga memiliki potensi angin, air, biomasa, dan bioenergi yang belum tergarap.

"Itu berkah tersembunyi. Kita harus mengolahnya," lanjut pria asal Solo ini.

Tak hanya sumber daya alam, sampah dan kotoran ternak juga merupakan potensi energi berbahan bakar alternatif nan ramah lingkungan. Indonesia juga memiliki potensi gas rawa dengan potensi pengembangan yang besar.

"Potensi gas rawa terutama di luar Pulau Jawa, bisa dikembangkan untuk pembangkit skala kecil," kata Presiden.

Presiden mengatakan, semua itu sudah dikaji dan sudah diketahui persebarannya. Kini tinggal mengolah dan memaksimalkan potensi yang ada.

"Tugas kita semua, pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mengeksplorasinya sambil menjaga kelestarian lingkungan," tulis akun tersebut.

"Semoga negeri kita selalu diberkati Allah, makin maju dan kemandirian energi nasional terwujud," harap Presiden ke-7 RI ini.


(SUR)