Prita Mulyasari Minta Salinan Putusan Bebas MA

   •    Kamis, 04 Apr 2013 21:00 WIB
Prita Mulyasari Minta Salinan Putusan Bebas MA
MI/Tri Handiyatno/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Prita Mulyasari, terpidana kasus pencemaran nama baik meminta salinan putusan Mahkamah Agung (MA) yang membebaskannya dari segala dakwaan dan tuntutan atas kasusnya. Pasalnya, sejak diputus bebas pada September 2012 lalu, Prita hingga kini belum menerima bukti tertulis kepastian hukumnya itu.

Prita Mulyasari yang didampingi kuasa hukumnya Slamet Yuwono, serta keluarganya, Kamis (4/4), kembali mendatangi Pengadilan Negeri Tangerang, Banten. Kedatangannya itu untuk meminta bukti tertulis terkait kasusnya, berupa salinan putusan MA.

Pada September 2012 atau tujuh bulan lalu, MA mengabulkan peninjauan kembali dirinya atas kasasi jaksa penuntut umum, sehingga Prita Mulyasari di bebaskan dari segala dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut atas kasus pencemaran nama baik terhadap dokter Rumah Sakit Omni, Tangerang Selatan.

Namun, setelah memasuki ruang Ketua Pengadilan Negeri Tangerang selama tiga puluh menit, Prita bersama kuasa hukumnya harus pulang dengan tangan hampa. Berdasarkan keterangan pihak pengadilan, salinan putusan atas nama Prita Mulyasari belum diterima meski sudah hampir tujuh bulan dan hingga kini masih berada di MA.

Menurut keterangan Slamet Yuwono, kuasa hukum Prita Mulyasari mempertanyakan lambannya penyampaian salinan putusan ke Pengadilan Negeri Tangerang. Ada dugaan  ada yang menahan menahan salinan berkas kliennya ditingkat MA. Selain itu, pada situs resmi MA, salinan putusan Prita tidak dapat diakses.

Prita Mulyasari merasa kecewa atas belum adanya bukti tertulis dari putusan MA. Ibu dua anak itu mendesak MA untuk segera mengeluarkan salinan putusan agar Prita dan keluarganya tidak khawatir lagi.
 
Selain mendatangi Pengadilan Negeri Tangerang, Prita Mulyasari telah melayangkan surat permintaan salinan putusan ke MA. Prita berharap dalam waktu dekat salinan putusan MA tersebut dapat segera diterima.