Mobil Konsep

BMW Lakukan Pengujian Mobil Bahan Bakar Hidrogen

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 05 Jul 2015 22:51 WIB
bmw
BMW Lakukan Pengujian Mobil Bahan Bakar Hidrogen

Metrotvnews.com: BMW rupanya tak ingin diam-diam saja melihat pengembangan mobil berbahan hidrogen yang saat ini sedang digandrungi oleh manufaktur mobil asal Jepang. Brand ternama asal Jerman itu pun dikabarkan telah melakukan pengujian terhadap prototype i8 yang menggunakan bahan bakar jenis hidrogen.

“BMW berencana memproduksi dalam skala besar kendaraan berbahan bakar hidrogen pada 2020,” menurut Klaus Frohlich Kepala research and development BMW. Selain melakukan pengetesan, prototipe i8 ini juga mendapat sentuhan perubahan pada paket aerodinamis yang dirancang seperti mobil model masa depan, dengan memberikan lubang angin yang besar pada bagian kap mesin, kisi-kisi samping yang terlihat lebih tajam, dan tampilan lampu yang juga dibuat lebih ramping.

Mobil rakitan asal Jerman ini  mengungkapkan, bahwa telah melakukan penelitian dan pengembangan pada sistem drive sel bahan bakar hidrogen selama lebih dari 15 tahun.

Hal itu ditunjukan dengan terjalinnya kerjasama antara BMW dengan Toyota, yang telah meluncurkan Mirai pada tahun ini, dan untuk peluncuran selanjutnya adalah teknologi BMW eDrive.

Kendaraan lainnya yang telah melakukan tahap pengujian adalah  BMW Seri 5 Gran Turismo, dengan fitur motor listrik yang dapat menghasilkan 245 daya kuda. Penyimpanan bahan bakar hidrogen Seri 5 Gran Turismo ini diletakan diantara as roda depan dan belakang, dalam tangki yang berbentuk terowongan. Dengan desain tangki yang lebih besar ini, BMW mengharapkan dapat menempuh jarak lebih dari 480 klometer.



(UDA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA