Dalai Lama akan Rayakan Ultah ke-80 di California

Willy Haryono    •    Minggu, 05 Jul 2015 13:04 WIB
dalai lama
Dalai Lama akan Rayakan Ultah ke-80 di California
Dalai Lama menyambut pendukungnya di Aldershot, AS, 29 Juni 2015. AFP / BEN STANSALL

Metrotvnews.com, California: Guru spiritual Dalai Lama akan meluncurkan perayaan selama tiga hari di California, Amerika Serikat, untuk ulang tahunnya yang ke-80 pada Minggu (5/7/2015). 

Ribuan pendukung dan fans Dalai Lama akan menghadiri acara ultah di Anahei dan di Universitas Irvine. Ulang tahun sebenarnya Dalai Lama adalah Senin mendatang. 

"Perayaan ini adalah kesempatan bagi orang-orang untuk merayakaan pencapaian Yang Mulai (Dalai Lama)," tutur Venerable Lama Tenzin Dhonden, pendiri grup Friend of the Dalai Lama.

"Dalam perayaan ultah spesial ini kita berkesempatan merayakan kesuksesan Dalai Lama di banyak area dan mendengarkan pandangan dia untuk kehidupan tahun-tahun mendatang," sambung dia, seperti dilansir AFP

Sebelumnya warga Tibet yang mengungsi ke sebuah kota di kaki bukit India merayakan ulang tahun ke-80 Dalai Lama, yang merupakan seorang biksu Buddha, aktivis dan juga pemimpin spiritual dunia, akhir Juni lalu.

Sang peraih penghargaan Nobel itu akan merayakan ultah ke-80 di Amerika Serikat pada 6 Juli mendatang. Namun menurut kalender Tibet, hari ultah resmi Dalai Lama adalah 21 Juni. 

Dalai Lama merayakan hari ultah versi warga Tibet bersama para pendukungnya di Dharamsala. Sebagian besar pendukungnya di Dharamsala adalah pengungsi asal Tibet. Dalai Lama melarikan diri dari Tibet pada 1959, setelah gagal memberontak terhadap pemerintahan Tiongkok. 

Perayaan ultah meliputi aksi tarian tradisional dan sesi berdoa untuk Dalai Lama. Walau sudah resmi mundur dari dunia politik, Dalai Lama masih sibuk bepergian ke luar negeri. 



(WIL)