Infrastruktur NTT Siap Sambut Wisman Bebas Visa

Antara    •    Minggu, 05 Jul 2015 14:43 WIB
infrastruktur
Infrastruktur NTT Siap Sambut Wisman Bebas Visa
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Kupang: Infrastruktur jalan dan jembatan menuju lokasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah siap untuk menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman), menyusul diterapkannya program kebijakan bebas visa bagi 30 negara oleh pemerintah pusat.

"Kesiapan ini telah dilakukan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dengan membenahi infrastruktur jalan dan jembatan menuju lokasi wisata yang rusak untuk kelancaran kunjungan wiatawan mancanegara sepanjang tahun ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parektif) NTT Marius Ardu Jelamu, di Kupang, Minggu (5/7/2015).

Menurut dia, ketersediaan infrastruktur dengan baik mutlak harus dimiliki daerah-daerah tujuan wisata untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat di sektor pariwisata sebagai leading sector dalam mendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi daerah," jelasnya.

Pembenahan dan penyediaan infrastruktur menuju lokasi wisata, lanjutnya, penting dilakukan untuk mencapai target kepariwisataan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek, pembenahan dan penyediaan ini berkaitan dengan kebijakan pemberlakuan bebas visa kunjungan singkat 30 negara. Untuk jangka panjang bisa mencapai target transaksi sekitar Rp240 triliun.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat NTT Andre W Koreh menegaskan, kendati pembangunan infrastruktur di wilayah NTT masih minim, namun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT tetap optimistis semuanya terselesaikan dalam kurun waktu lima sampai 10 tahun ke depan.

"Pada intinya, dukungan dana APBD dan APBN sangat dibutuhkan guna menuntaskan pembangunan infrastruktur tersebut. Dari sisi sumber daya manusia di Dinas PU provinsi, kita sudah siap," pungkasnya.


(ABD)