Petani Palolo Panen Raya Kakao

Antara    •    Minggu, 05 Jul 2015 17:04 WIB
kakao
Petani Palolo Panen Raya Kakao
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Metrotvnews.com, Palu: Para petani di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulwesi Tengah, kini sedang memasuki masa panen raya kakao. Panen raya ini disambut baik oleh para petani karena bertepatan dengan harga kakao di pasaran yang relatif bagus.

"Hasil panen kali ini sangat mengembirakan," kata Marthen Sapan, salah satu petani di Desa Sejahtera, Kecamatan Palolo, Minggu 5/7/2015).

Ia mengatakan, rata-rata buah kakao pada panen raya yang sedang  berlangsung di seluruh wilayah Kecamatan Palolo dan Nokilalaki, terbilang cukup padat dibandingkan sebelumnya. Petani sangat gembira karena buah kakao yang di panen kali ini cukup banyak. Panen musim ini membawa keberuntungn besar bagi petani karena bertepatan dengan harga kakao di pasaran cukup bagus.

Harga pembelian langsung pedagang kepada petani di kebun sebesar Rp28 ribu per kg, hanya selisih Rp2.000 per kg dengan harga di tingkat pengumpul di Kota Palu. Harga kakao di pasaran Kota Palu sekarang ini berkisar Rp30 ribu per kg. 

Hal senada juga disampaikan petani lain Jonny. Ia mengatakan panen raya kali ini mengembirakan. Menurut dia, buah kakao bisa dipanen tepat waktunya. Pada panen sebelumnya, kata dia, hasilnya tidak menguntungkan karena buah kakao kurang. Banyak serangan hama sebab curah hujan tinggi. 

"Tapi pada panen kali ini rata-rata buah kakao jadi, karena hampir tidak ada gangguan hama," jelasnya, seraya menjelaskan bahwa salah satu faktor yang ikut mempengaruhi kualitas biji kakao meningkat adalah saat dijemur mendapatkan sinar matahari yang cukup.


(ABD)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA