Tanaman Padi di Mataram Aman dari Kekeringan

Antara    •    Minggu, 05 Jul 2015 17:16 WIB
kekeringan
Tanaman Padi di Mataram Aman dari Kekeringan
Ilustrasi (MI/Djoko Sardjono)

Metrotvnews.com, Mataram: Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebutkan bahwa kondisi tanaman padi di daerah Mataram masih dalam kondisi aman dari ancaman kekeringan.

"Alhamdulillah, kondisi lahan pertanian yang saat ini ditanami padi masih mendapatkan air yang mencukupi," kata Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H Mutawalli, di Mataram, Minggu (5/7/2015).

Dikatakannya, sekitar 2.030 hektare lahan pertanian di Kota Mataram selama ini tidak pernah kekurangan air, sebab Kota Mataram merupakan daerah hilir sehingga memiliki pasokan air yang relatif cukup.

"Karena itu, petani di kota ini tidak pernah khawatir kekurangan air hingga puncak musim kemarau, bahkan sebagian petani bisa tetap menanam padi di musim kemarau," jelasnya.

Pernyataan bahwa kondisi tanaman padi di daerah Mataram dalam kondisi aman dari ancaman kekeringan menjadi penting karena sebelumnya Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB Budi Subagio menyebutkan, sekitar 650 hektare lahan padi di provinsi ini terancam kekeringan, yang rata-rata usia tanaman itu baru 55 hari.

"Lahan yang mengalami kekeringan ini kategorinya ringan, sedang dan berat," tutupnya.


(ABD)