Danjen Kopassus: Saya Orang yang Paling Bertanggung Jawab

- 05 April 2013 13:20 wib
Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutom--MI/Adam Dwi/rj
Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutom--MI/Adam Dwi/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: TNI AD mengakui pelaku penyerangan LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta, adalah oknum Grup II Kopassus Kartosuro. Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, pun mengaku sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam kejadian tersebut.

"Kalau bicara siapa yang bertanggung jawab, itu semua anak buah saya. Saya orang yang terdepan bertanggung jawab," ujar Agus di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4).

Sebanyak 11 orang oknum terlibat dalam penyerang empat tahanan terkait pembunuhan Serka Santoso. Agus menegaskan perbuatan itu melanggar hukum. Lantaran itu, dia menyerahkan penuh soal peradilan ke-11 anak buahnya kepada proses hukum di militer.

Menurut dia, rasa kehormatan yang diinjak mendorong ke-11 anak buahnya membalas dendam. Mereka melihat Sersan Santoso dibunuh secara keji. Terlebih sebelum meninggal, dia disiksa menggunakan botol dan pisau dalam durasi lebih dari lima menit. Santoso sempat meminta bantuan, tapi pelaku menolak.

"Besoknya teman seangkatannya lagi hampir mati juga. Itulah yang membuat prajurit rasa kehormatannya melakukan itu. Tapi itu sebetulnya salah, prajurit harus disiplin jadi seperti yang disampaikan pimpinan AD, prajurit prestasi kita beri penghargaan, prajurit salah kita beri sanksi walaupun secara kstaria jujur semi kehormatan kesatuan," kata dia.

()

JOKOWI mengaku masih mempertimbangkan banyak hal untuk menentukan cawapres-nya.