Pengemis di Mojokerto Resahkan Warga

Nurul Hidayat    •    Minggu, 05 Jul 2015 18:55 WIB
razia
Pengemis di Mojokerto Resahkan Warga
Pengemis tengah beristirahat di bantaran Sungai Cikapundung, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: MI/Iwan Kurniawan

Metrotvnews.com, Mojokerto: Keberadaan pengemis di Kota Mojokerto, Jawa Timur kian meresahkan para pengguna jalan. Mereka biasanya mangkal di sejumlah simpang empat yang menjadi titik padat para pengguna jalan.

Pantauan Metrotvnews.com, beberapa titik persimpangan yang menjadi pusat mangkal para pengemis di antaranya, di lampu merah Empunala, simpang empat Pancasila, Jalan Jogging Track (JT), dan alun-alun Mojokerto.

Wijanarko (40), salah satu pengguna jalan, mengeluhkan semakin banyaknya pengamen dan pengemis yang berada di simpang empat Empunala. Terutama mereka yang mengemis dengan menggunakan anak-anak untuk menarik empati para pengguna jalan.

"Kadang kasihan melihat mereka. Yang seharusnya masih dalam usia sekolah, harus sudah mengemis dan mengamen. Dan terkesan dipaksa orang tuanya untuk mengemis dan mengamen," ujarnya, Minggu (5/7/2015).

Hal senada juga diutarakan Mursitoh, 35. Ia pernah melihat seorang anak yang dicubit oleh ibunya karena "setoran" kurang dan dipaksa mengemis kembali.

"Saya pernah melihat di Jalan Benteng Pancasila, seorang anak dicubit ibunya lantaran hanya membawa Rp2.000 dari hasil mengemis seharian," ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Mojokerto, Mashudi, mengatakan upaya penertiban pengemis yang beroperasi di persimpangan sudah dilakukan, yakni dengan cara operasi rutin dan pemasangan papan imbauan. "Sudah kita upayakan razia rutin," ujarnya.

Faktanya, pengemis masih tetap berkeliaran di sejumlah keramaian. Menyatu dengan pengguna jalan.


(UWA)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

11 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA