Kemenhub Bantah Kebakaran Soetta Akibat Pencurian Listrik

Antara    •    Minggu, 05 Jul 2015 19:12 WIB
kebakaran
Kemenhub Bantah Kebakaran Soetta Akibat Pencurian Listrik
JW Lounge Terminal 2E Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta terbakar--Foto: MI/Alfian

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Perhubungan membantah penyebab kebakaran JW Lounge Terminal 2E Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu akibat pencurian listrik.

"Tidak ada pencurian listrik. Kebakaran bukan disebabkan karena hal itu, tetapi kita masih tunggu hasil penyelidikan Puslabfor Polri," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo di Tangerang, Minggu (5/7/2015).

Ia mengatakan, kapasitas listrik di Bandara Soekarno-Hatta mencukupi dan memiliki cadangan sebesar 20 persen. Sehingga, dugaan kebakaran akibat korsleting listrik karena adanya pencurian listrik, tidak mungkin terjadi.

Walaupun demikian, pihaknya tetap meminta kepada PT Angkasa Pura II untuk melakukan revitalisasi kabel listrik.

"Sudah saatnya kabel listrik direvitalisasi agar keamanan lebih terjamin dan kejadian ini tak terulang lagi," tegasnya.

Suprasetyo juga memastikan bila kebakaran bukan karena ledakan dari suatu kompor, sebab Bandara Soekarno-Hatta seluruhnya menggunakan lisrik termasuk kompor. "Maka itu, kabel listrik harus diperiksa ulang," ujarnya.

Dirut PT Angkasa Pura II Budi Karya Samadi mengatakan, pihaknya akan mengecek seluruh kabel listrik di Bandara Soekarno-Hatta.

Begitu pula, dengan outlet yang menggunakan aliran listrik agar tidak ada masalah karena salah dalam penggunaan atau tak sesuai standar. "Kita akan cek kabel listrik dan mengganti yang baru," paparnya.

Sementara itu, dijelaskan, kebakaran yang terjadi hari ini terletak di JW Sky Lounge Terminal 2E dengan area seluas 300 meter. Akibat kejadian tersebut menyebabkan beberapa layanan seperti "check in" maskapai Garuda Indonesia terganggu dan dialihkan ke lokasi lain.

Peristiwa tersebut terjadi Minggu pukul 05.50 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB.

 


(MBM)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

11 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA