Pengaturan Rute Baru di Stasiun Solo dan Yogyakarta Ditunda

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 05 Jul 2015 19:55 WIB
kereta api
Pengaturan Rute Baru di Stasiun Solo dan Yogyakarta Ditunda
Pekerja melakukan perawatan kereta api di Balai Yasa Daop VI, Yogyakarta, Senin (29/7/2013). Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Kereta Api Indonesia menunda rencana kebijakan baru untuk tiga stasiun di Solo dan Yogyakarta. Kebijakan tersebut yakni mengubah pola operasi pelayanan stasiun.

Perubahan pola operasi pelayanan itu yakni Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan hanya melayani KA jarak jauh, sementara Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, hanya melayani KA lokal. Kebijakan yang digagas sekitar sebulan lalu itu diwacanakan mulai 7 Juli 2015.

"Masih kami tunda. Kami menunggu izin dari Dirjen Kereta Api Kemenhub karena masih harus dilakukan pengkajian lebih mendalam," ujar Manager Humas KAI Daop VI Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, kepada Metrotvnews.com, Minggu (5/7/2015).

Lebih lanjut Gatut menjelaskan rencana kebijakan tersebut bertujuan mengurangi penumpukan penumpang. Misalnya, kata dia, di Stasiun Lempuyangan.

Ia menilai stasiun tersebut sudah tak mampu lagi menampung banyak penumpang. "Mau dikembangkan juga sulit. Kadang sering ada penumpang terlambat," cetusnya.

Gatut belum bisa memastikan kapan pemberlakuan kebijakan tersebut. Pihaknya memprediksi kebijakan itu akan dimulai usai libur Lebaran. "Jika diberlakukan (7 Juli), dikhawatirkan membuat terganggunya operasional angkutan Lebaran 2015," ucapnya.


(UWA)