Kelalaian AP II Memperparah Kekacauan Bandara Soetta Kemarin

Surya Perkasa    •    Senin, 06 Jul 2015 07:42 WIB
kebakaran
Kelalaian AP II Memperparah Kekacauan Bandara Soetta Kemarin
Foto: Twitter @TMCPoldaMetro

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi V DPR mengkritik keras PT Angkasa Pura II dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta. Sebab, operasi Bandara Internasional menjadi terganggu karena AP II panik dan lalai dalam menanggapi kebakaran yang terjadi di Terminal 2E kemarin.

“Sangat nampak sekali manajemen PT Angkasa Pura II panik dan lalai dalam mengantisipasi terjadinya dampak kebakaran itu. Akibatnya aliran listrik tidak berfungsi optimal dan menggangu proses check-in,” kata Anggota Komisi V DPR Nizar Zahro ketika dihubungi, Senin (6/7/2015).

Akibat AP II panik dan tak siap dalam menjalankan crisis management (penanganan krisis), setidaknya 30 penerbangan tertunda dan 14 penerbangan Garuda Indonesia dibatalkan. AP II, kata Nizar, terlihat sangat tidak siap dalam menghadapi force majeur (bencana). Padahal, Bandara Soetta adalah salah satu bandara paling vital dan bersistem paling canggih.

Karena ini, politikus Gerindra ini berharap AP II segera menyusun ulang SOP penanganan krisis karena jangan sampai kejadian ini terulang dan memperburuk kesan masyarakat terhadap pengelolaan bandara yang berada di bawah PT Angkasa Pura.

Nizar juga mendesak audit investigasi kepada penyewa lahan (tenant) di Bandara Soetta. Bila mereka tidak memenuhi standar aturan dan keamanan yang telah ditentukan, AP II harus segera mencabut izin tenant tersebut.

“Wajib di tutup agar keamanan dan kenyamanan penumpang Bandara terjamin dengan baik,” tegas dia.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi di JW Sky Lounge di Terminal 2E, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu sekitar pukul 05.45 WIB. Asap mulai membesar pukul 06.20 WIB.

Namun api merambat ke beberapa loket check-in dan menyebabkan sistem online tak dapat berfungsi. Puluhan penerbangan jadi terganggu. Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta yang semula ditutup karena terbakar, sudah kembali beroperasi pada sore hari.


(SUR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA