Makanan Khas Berbuka Puasa dari Berbagai Negara

Meilikhah    •    Senin, 06 Jul 2015 09:00 WIB
ramadan 2015
Makanan Khas Berbuka Puasa dari Berbagai Negara
Hummus yang disajikan bersama roti pita.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kolak menjadi menu pembuka wajib bagi masyarakat Indonesia. Tapi jangan salah, beberapa negara di dunia juga punya menu berbuka puasa khas yang biasanya hanya ditemui saat Ramadan.

1. Pide Brad dari Turki
Pide Brad atau roti panggang yang hanya di jual selama bulan Ramadan ini disajikan dengan sup iftariye, pastirma, sujuk dan berbagai kue yang disebut borek. Pide Brad menjadi salah satu menu khas berbuka puasa di Turki dan biasanya ditemukan di restoran atau rumah makan di kota-kota, seperti di Istanbul.
 
2. Hummus dari Lebanon
Selain cocok sebagai menu utama untuk berbuka, Hummus juga enak disantap sebagai camilan bersama roti pita. Hummus memang mirip dengan selai, karenanya menu satu ini biasanya diaplikasikan bersama roti pita. Hummus berbahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan makanan khas Lebanon lain, seperti lentini, tahini, minyak zaitun, air lemon, garam, dan bawang putih.
 
3. Qatayef dari Yordania
Masyarakat Yordania biasa berbuka dengan Mansaf dan Qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef merupakan hidangan sejenis panekuk dengan kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula. Menambahkan sirup madu pada Qatayef akan membuat makanan satu ini semakin lezat disantap saat berbuka puasa.
 
4. Foul Medames dari Mesir
Umat Muslim di negeri piramida biasanya berbuka dengan Medames sebagai menu utama. Selain Medames, menu lain yang disajikan saat berbuka puasa adalah Molokheya, menu kombinasi nasi dan ayam.

5. Hyderabadi Haleem dari India
Hyderabadi Halem merupakan makanan khas di kota Hyderabad yang mirip dengan bubur gandum tradisional  dengan cita rasa pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba.
 
6. Samosa dari Pakistan
Samosa merupakan makanan khas Pakistan berbentuk segitiga dan memiliki rasa pedas. Menjelang waktu berbuka puasa, warung-warung yang menjual hidangan Samosa dapat ditemui di setiap penjuru Pakistan.
 
7. Rooh Afza dari Bangladesh
Rooh Afza merupakan minuman khas Bangladesh yang memiliki berbagai cita rasa, salah satunya rasa lemon. Menu satu ini biasanya menjadi menu pendamping yang dihidangkan bersama kurma, samosa dan buah-buahan. (Berbagai sumber)


(MEL)