Review Headset

ASUS STRIX 7.1 Tawarkan Suara Surround Terbaik

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 06 Jul 2015 10:32 WIB
review gadget
ASUS STRIX 7.1 Tawarkan Suara Surround Terbaik
ASUS STRIX 7.1 memiliki bentuk yang sama dengan saudaranya, yaitu STRIX DSP

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda mengikuti terus sajian review dari kami, Anda pasti tahu bahwa sebelumnya kami pernah mengulas seperti apa performa dari berbagai headset gaming, lini produk ASUS STRIX: STRIX Pro, dan ASUS STRIX DSP. Kini saatnya kami mengulas varian tertinggi dari headset gaming STRIX, yaitu ASUS STRIX 7.1.

Sebagaimana namanya, ASUS STRIX 7.1 menawarkan fitur utama berupa surround sound 7.1 layaknya sebuah home theater. Beberapa dari Anda mungkin sempat berfikir "apa bedanya dengan headset 7.1 lainnya?". Memang benar bahwa di pasaran telah banyak headset gaming yang menawarkan fitur surround sound 7.1. Kebanyakan dari headset tersebut pun dilengkapi dengan soundcard khusus dan software khusus untuk menghasilkan suara layaknya surround sound 7.1.
 
Kembali ke pertanyaan sebelumnya, apa bedanya ASUS STRIX 7.1 dengan headset 7.1 lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa headset lain yang menawarkan suara surround sound 7.1 menggunakan sistem yang disebut dengan virtual surround sound. Melalui sistem tersebut, dua speaker yang ada di headset dapat diatur sedemikian rupa (biasanya melalui sebuah software khusus) sehingga menghasilkan suara yang mirip dengan surround sound.

Berbeda dengan headset-headset tersebut, ASUS melakukan pendekatan dengan cara yang tidak biasa. Di headset STRIX 7.1, ASUS mencoba untuk tidak menggunakan sistem virtual surround sound dan lebih memilih untuk menghadirkan konsep surround sound 7.1 yang sebenarnya. Namun bagaimana caranya menghadirkan surround sound 7.1 pada sebuah headset yang memiliki ruang sangat terbatas?
 
Di situlah inovasi bekerja. Tidak seperti headset lainnya yang hanya menggunakan dua driver atau speaker, ASUS STRIX 7.1 menggunakan 10 driver yang diposisikan secara khusus untuk mensimulasikan sistem surround sound 7.1 yang sebenarnya. Kesepuluh driver tersebut dikontrol dengan menggunakan sebuah DSP yang dipasang secara terpisah dari headset dan dihubungkan dengan menggunakan kabel khusus yang dilengkapi dengan konektor HDMI, bukan konektor USB atau konektor 3.5mm yang biasa dipakai oleh headset biasa lainnya.

 
DSP dari ASUS STRIX 7.1 memiliki bentuk yang sama dengan ASUS STRIX DSP, namun hadir dengan tambahan fungsi baru, yaitu fungsi untuk mengontrol setiap volume dari setiap kanal suara yang dihasilkan. Terdapat hingga lima kanal suara yang dapat dikontrol volume-nya, yaitu side, rear, center, front dan sub. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengatur tipe surround sound yang akan dihadirkan melalui headset ini.
 
Sama seperti DSP pada ASUS STRIX DSP, di ASUS STRIX 7.1 juga terdapat fitur preset yang dapat menghadirkan nuansa suara yang berbeda, terutama ketika sedang bermain game tertentu. Terdapat empat preset suara yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari FPS Gun Mode, FPS Footsteps Mode, Action / RPG Mode, dan Racing Mode. Sayangnya, preset tersebut tidak dapat Anda ubah dan Anda juga tidak bisa membuat preset sendiri.

 
Berkat kombinasi dari sistem dan inovasi tersebut, ASUS STRIX 7.1 benar-benar mampu menghasilkan suara yang lain daripada headset gaming lainnya. Perlu diakui bahwa ia mampu menghasilkan suara surround yang sangat bagus, ditambah dengan detail suara yang hebat. Tidak hanya itu, ia juga telah dilengkapi dengan mikrofon dan sistem noise cancelling yang sama dengan saudaranya yang bekerja dengan sangat baik untuk memblokir suara dari luar.
 
Sedangkan dari sisi desainnya, headset ini tak berbeda dengan ASUS STRIX Pro dan ASUS STRIX DSP yang memang sangat nyaman ketika digunakan, meskipun sosoknya sangat besar. Berbeda dengan ASUS STRIX Pro, ASUS STRIX 7.1 tidak dapat digunakan pada perangkat mobile karena ia menggunakan konektor HDMI sebagai sarana penghubungnya.
 
Akhir kata, kami sangat puas dengan performa ASUS STRIX 7.1, terutama ketika headset ini kami pakai untuk bermain game dan menonton film yang memiliki format suara suara surround sound. Harganya memang jauh lebih mahal dari ASUS STRIX DSP, namun kami kira harganya masih cukup masuk akal dan pantas untuk dibeli.

 

ASUS STRIX 7.1

 

9.5

  • +Suara surround sound sangat bagus
  • +Nyaman
  • +Mikrofon dilengkapi noise canceling
  • -Preset tidak dapat diatur



(ABE)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA