Cerdas Mengelola THR

Meilikhah    •    Senin, 06 Jul 2015 10:32 WIB
ramadan 2015
Cerdas Mengelola THR
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan hidup masyarakat meningkat. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga ongkos untuk mudik.

Meski biasanya perolehan pundi-pundi uang lebih besar dibandingkan hari biasa dengan adanya tambahan dari tunjangan hari raya (THR), namun ada baiknya anda memperhitungkan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan saat Ramadan hingga menjelang lebaran untuk menghindari membengkaknya pembiayaan.

Beberapa langkah berikut ini bisa anda lakukan untuk menyelamatkan pembiayaan saat Ramadan dan menjelang lebaran, di antaranya bayarlah terlebih dahulu zakat sebesar 2.5 persen sebagai kewajiban kita umat Muslim, dan tulis semua jenis pengeluaran terkait hari raya termasuk biaya untuk belanja sandang dan pangan juga ongkos mudik.

Sisihkan dana untuk keperluan membayar hutang atau cicilan jika anda memilikinya dan tentukan prioritas keuangan mulai dari hal yang wajib untuk dibayarkan hingga yang tak wajib dibayarkan.

Hindari berhutang untuk kebutuhan hari raya, agar setelah Ramadan dan Idul Fitri selesai anda tidak memiliki beban hutang pada siapapun.

Minimalkan biaya yang tak perlu dan sisihkan sebagian THR untuk persiapan biaya tak terduga lainnya. Evaluasi seluruh pengeluaran dan sisihkan sedikitnya 10 persen THR anda untuk tabungan dan investasi jangka panjang. (Berbagai sumber)


(MEL)