Yang Perlu Anda Ketahui tentang Proses Metabolisme

Adi Waluyo    •    Senin, 06 Jul 2015 11:04 WIB
kesehatan
Yang Perlu Anda Ketahui tentang Proses Metabolisme
Foto: sciencekids.co.nz

Metrotvnews.com: Aktivitas metabolisme merujuk pada rangkaian reaksi kimia untuk mempertahankan hidup dalam setiap organisme. Proses metabolisme melibatkan transformasi energi dan materi dalam tubuh, dua elemen yang harus selalu ada untuk dapat mempertahankan hidup.

Proses metabolisme terdiri dari dua jenis, anabolisme dan katabolisme. Anabolisme adalah metabolisme konstruktif, di mana molekul kecil dibentuk menjadi yang lebih besar, yang membutuhkan masukan energi. Katabolisme adalah proses yang berlawanan, memerlukan pengeluaran energi, dan perubahan molekul yang besar menjadi lebih kecil.

Manusia termasuk jenis heterotrof, yang berarti bahwa manusia tergantung pada molekul organik yang masuk dalam sistem pencernaannya untuk memenuhi kebutuhan energi.

Molekul organik adalah bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan proses anabolik. Aktivitas metabolik dimulai dengan konsumsi, ketika makanan masuk ke dalam tubuh. Enzim metabolik ikut berperan selama proses pencernaan, kemudian makanan dipecah dalam tubuh melalui proses yang disebut hidrolisis. Selama hidrolisis, pati (karbohidrat) menjadi gula, protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak dan gliserol, dan asam nukleat menjadi nukleotida.

Setelah pencernaan, aktivitas metabolisme berlanjut dengan penyerapan ke dalam tubuh dan transportasi ke sel. Setelah sari makanan masuk ke dalam sel, molekulnya terus memecah sampai hanya terdiri dari dua atau empat atom karbon.

Molekul-molekul tersebut mungkin masih berada pada jalur metabolisme untuk menjadi gula dan asam amino. Bagian-bagian baru dari sel, yang meliputi polisakarida, protein, lemak dan asam nukleat, yang kemudian berpadu.

Alternatif lainnya adalah molekul tadi kemudian dipecah menjadi molekul anorganik seperti air, karbon dioksida dan amonia. Sejumlah besar energi dilepaskan selama fase aktivitas metabolik ini, sehingga disebut proses katabolik.

Proses nutrisi yang melibatkan aktivitas metabolik termasuk nutrisi autotrofik dan nutrisi heterotrofik. Yang termasuk golongan autotrof adalah tanaman, alga dan bakteri dan mengandalkan sinar matahari untuk mengubah molekul anorganik seperti air menjadi molekul organik yang lebih kecil; ini dikenal sebagai proses fotosintesis.

Dalam nutrisi heterotrofik, energi diambil dari molekul organik dan dipecah untuk membentuk molekul yang lebih kecil, dan molekul makanan berasal dari proses autotrof.

Proses metabolisme dalam organisme akan menentukan mana zat yang dibutuhkan (tubuh) dan mana yang beracun. Tingkat metabolisme juga memainkan faktor kuat dalam menentukan berapa banyak makanan yang dibutuhkan. Jalur metabolisme internal dalam tubuh serupa, bahkan di antara spesies yang berbeda. 


(AWP)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

19 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA