On This Day: Pele Jalani Debut di Timnas Brasil

Achmad Firdaus    •    Selasa, 07 Jul 2015 08:05 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Pele Jalani Debut di Timnas Brasil
Pele saat merayakan sukses mencetak gol Italia pada final Piala Dunia 1970 (Foto: http://www.goltv.tv/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, 58 tahun yang lalu, publik pecinta sepak bola dunia menjadi saksi dari munculnya salah satu pemain terbaik yang pernah ada di muka bumi. Pemain itu bernama Edson Arantes do Nascimento atau akrab disapa Pele.

Ya, pada tanggal 7 Juli 1957, Pele memainkan debutnya bersama Timnas Brasil saat berhadapan dengan Argentina. Saat itu, kendati Brasil kalah 1-2, Pele sukses mencuri perhatian dengan gol yang dicetaknya. Lebih istimewa lagi, gol tersebut lahir saat usianya baru menginjak 16 tahun 9 bulan, sehingga membuatnya tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di ajang internasional kala itu.

Talenta yang dimiliki Pele sepertinya memang bakat dari Tuhan. Pasalnya, dia sukses menembus skuat Timnas Brasil meski baru satu tahun berkarier sebagai pemain profesional.


(Foto: telegraph.co.uk/) 

Santos adalah klub yang mencium bakat besarnya. Pele direkrut Santos pada 1965. Saat itu usia Pele baru 15 tahun. Namun, usia tak menghalanginya untuk menunjukkan kualitas hingga akhirnya dilirik tim Samba.

Sejak kemunculannya pada 1957 itu, Pele kemudian menjelma sebagai salah satu bagian tak tergantikan di skuat Brasil. Pele langsung memberikan kontribusi besar dengan membantu Brasil juara Piala Dunia 1958.

Pele tampil gemilang kala itu dengan mencetak total enam gol, termasuk membuat hattrick ke gawang Prancis di babak semifinal, dan dua gol saat mengalahkan Swedia di partai puncak.

Empat tahun berselang, ia kembali membantu Brasil jadi juara Piala Dunia 1962 meski harus absen di babak final karena cedera. Persembahan terakhir Pele untuk Brasil terjadi di Piala Dunia 1970. Dia menyumbang satu gol untuk bawa Brasil juara dengan mengalahkan Italia 4-1.

Sukses ini membuat Pele jadi satu-satunya pemain yang sukses menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali. Rekor ini masih tetap bertahan hingga saat ini.

Sepanjang kariernya, Pele hanya memperkuat dua klub, yakni Santos (1956--1974) dan New York Cosmos (1975--1977). Di dua klub tersebut, pria yang kini berusia 74 tahun itu mengoleksi 650 gol dalam 694 laga. Sementara di Timnas, Pele masih memegang rekor sebagai top skor Selecao dengan koleksi 77 gol yang dibukukannya hanya dalam 92 laga. Luar Biasa!


(ACF)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA