Berburu Bubur Suru di Tuban

Rizal Pahlevy    •    Selasa, 07 Jul 2015 10:21 WIB
ramadan 2015
Berburu Bubur Suru di Tuban
Warga tengah membuat bubur Suru,

Metrotvnews.com, Tuban: Menjelang berbuka puasa, puluhan warga Tuban, Jawa Timur, bergotong-royong membuat bubur Suru untuk kemudian dibagikan kepada warga sekitar kompleks makam Sunan Bonang, salah satu wali penyebar Islam di tanah Jawa. Tak hanya warga sekitar, sejumlah musafir dan pendatang juga ikut menikmati sajian khas bubur Suru.

Tradisi membuat bubur Suru hanya dijumpai saat Ramadan. Selama sekitar lima abad warga di Tuban, Jawa Timur, dikenalkan dengan tradisi bubur Suru yang dibawa oleh Sunan Bonang. Cita rasa gurih dan sedap bubur Suru menjadi ciri khas sendiri. Pasalnya, dalam proses pembuatan bubur, warga menggunakan daging dan tulang sapi dengan paduan bumbu dan rempah yang membuat bubur semakin nikmat.

Salah satu warga, Muhammad Ikhwan menuturkan, tradisi memasak kemudian membagikan bubur Suru kepada warga dan musafir sudah ada sejak masa Sunan Bonang masih hidup. Hingga kini, tradisi membuat bubur Suru terus diturunkan dari generasi ke generasi.
 
Nama bubur Suru berasal dari sejarah Sunan Bonang yang menikmati bubur tanpa menggunakan sendok. Kata Suru merupakan kata lain sendok yang terbuat dari lipatan daun pisang untuk menyendok bubur. Setiap tahunnya, bubur Suru dibagikan secara gratis. Pengurus masjid mengatakan ada donatur yang memberikan dana untuk membuat bubur Suru setiap Ramadan tiba.
 


(MEL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA