PM Valls: Prancis akan Perjuangkan Yunani di Zona Eropa

Willy Haryono    •    Selasa, 07 Jul 2015 14:45 WIB
ekonomi yunani
PM Valls: Prancis akan Perjuangkan Yunani di Zona Eropa
PM Prancis Manuel Valls dalam peresmian sebuah sekolah dasar dan universitas di Alfortville, Prancis, 4 Juli 2015. (Photo: AFP / THOMAS OLIVA)

Metrotvnews.com, Paris: Prancis tidak dapat membiarkan Yunani meninggalkan zona Eropa. Demikian disampaikan Perdana Menteri Prancis Manuel Valls, Selasa (7/7/2015). 

"Kami tidak dapat membiarkan Yunani keluar zona Eropa, karena langkah itu dapat berimbas pada perekonomian di seluruh dunia," tutur Valls kepada salah satu radio Prancis, seperti dikutip AFP. 

"Prancis akan melakukan semua cara agar Yunani tetap berada di zona Eropa, karena memang di sana tempatnya, di jantung proyek Eropa," sambung dia. 

Valls berbicara beberapa jam sebelum para pemimpin zona Eropa menggelar rapat darurat untuk mendiskusikan hasil referendum Yunani. Sebanyak 61 persen peserta referendum menolak dana talangan atau bailout internasional. 

Tadi malam, pemimpin Jerman dan Prancis, meminta Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras membuat proposal "tepat sasaran" untuk menghidupkan kembali dialog bailout.



(WIL)