Bangun Infrastruktur, JBIC Tawarkan Pinjaman Bersuku Bunga Murah

Dheri Agriesta    •    Selasa, 07 Jul 2015 15:10 WIB
infrastruktur
Bangun Infrastruktur, JBIC Tawarkan Pinjaman Bersuku Bunga Murah
Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan perwakilan Japan Bank for International Coorporation (JBIC) yang berkomitmen untuk membantu pembangunan infrastruktur di Indonesia. Bahkan, suku bunga pinjaman yang ditawarkan JBIC cukup murah.

Dalam kesempatan itu, JK didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago dan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015). Dalam pertemuan tersebut, JBIC menjelaskan komitmen mereka untuk membantu pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Mereka menyediakan dana yang jauh lebih besar," kata Sofyan, usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

Dalam hal ini, JBIC menyatakan diri untuk menjadi negara dengan investasi paling besar di Indonesia. Pemerintah pun merespon baik niatan yang ditawarkan JBIC ini. Indonesia, kata Sofyan, berterima kasih karena hal ini akan menjadi sumber dana tambahan yang dapat digunakan untuk mendanai pembangunan infrastruktur. Apalagi, bunga yang ditawarkan terbilang murah.

"Namanya pinjaman kan ada bunga tapi kalau pinjaman multilateral seperti ini relatif lebih murah bunganya dibandingkan kita pergi ke pasar," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyabut belum ada nilai yang disebutkan dalam pertemuan tadi. Pihak JBIC memberikan tawaran dengan berbagai opsi. "Ada banyak. Ada paket besar, jangka panjang. Mereka tidak membatasi (Infrastruktur mana), tapi mereka perhatian pada pembangkit listrik, pembangunan jalan, dan kereta api," pungkas Andrinof.


(ABD)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA