Jadi Bandar Narkotika, Profesor Universitas Ternama Ditangkap

Willy Haryono    •    Selasa, 07 Jul 2015 15:58 WIB
narkotika internasional
Jadi Bandar Narkotika, Profesor Universitas Ternama Ditangkap
Polisi Tiongkok memperlihatkan barang bukti narkotika beserta bahan pembuatnya di Nanning, provinsi Guangxi, 17 Mei 2012. (Photo: AFP)

Metrotvnews.com, Wuhan: Polisi menangkap seorang profesor di universitas Tiongkok yang diduga menjual narkotika dan obat-obatan terlarang bernilai "jutaan dolar Amerika Serikat" via dunia maya. 

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Selasa (7/7/2015), profesor bernama Zhang itu mengenal popularitas narkoba saat mengajar di Australia.

Setelah itu, Zhang mendirikan sebuah pabrik kimia pada 2005. Ia meminta para stafnya untuk memproduksi "ratusan kilogram" methylone, bahan yang biasa digunakan sebagai pengganti MDMA atau ekstasi. 

Antara Maret dan November tahun lalu, Zhang menjual setidaknya 193 kilogram methylone ke berbagai klien di luar negeri. Laporan polisi tidak menyebutkan secara detail nilai penjualan tersebut. 

Xinhua menyebut Zhang sebagai "Walter White dunia nyata asal Tiongkok," yang merujuk pada karakter fiksi guru kimia yang berubah menjadi bandar narkoba dalam film serial ternama "Breaking Bad."

Laporan polisi juga tidak menyinggung nama universitasnya, hanya disebutkan sebagai universitas "ternama" di kota Wuhan. 

Menutip data pemerintah, media Tiongkok pada Mei melaporkan adanya sekitar 14 juta pengguna narkotika di Negeri Tirai Bambu, atau sekitar satu persen dari total populasi. 

Penggunaan narkoba sintetis, seperti sabu kristal dan methcathinone, dilaporkan kian populer di wilayah pegunungan Tiongkok. 


(WIL)

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

43 minutes Ago

DPP Partai Golkar tengah menggelar rapat pleno dengan agenda konsolidasi internal pasca-kasus y…

BERITA LAINNYA