Pengusaha Nigeria ini Punya Misi Terselubung Andai Sukses Beli Saham Arsenal

Hilman Haris    •    Selasa, 07 Jul 2015 16:06 WIB
arsenal
Pengusaha Nigeria ini Punya Misi Terselubung Andai Sukses Beli Saham Arsenal
Pengusaha asal Nigeria, Aliko Dangote berencana membeli sebagian saham Arsenal (Foto: dok Daily Mail)

Metrotvnews.com, London: Pengusaha asal Nigeria, Aliko Dangote berencana membeli sebagian saham klub Liga Primer Inggris, Arsenal. Selain mencari keuntungan finansial, Dangote berharap putusannya menjadi salah satu pemegang saham The Gunners bisa meningkatkan kualitas persepakbolaan serta mengangkat martabat Nigeria.

Dangote berkaca dengan kesuksesan pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich, yang mengakuisisi Chelsea pada 003 silam. Menurut Dangote, nama Rusia ikut berkibar setelah Abramovich menjadi pemilik The Blues.

"Kalau saya membeli semua klub Nigeria, bendera Nigeria akan tetap berada di sini," ujar Dangote kepada Forbes.

"Membeli Arsenal akan mengantarkan bendera Nigeria ke seluruh dunia. Sama seperti setiap kali nama Roman Abramovich disebutkan. Nama negaranya akan muncul. Semua orang tahu dia adalah orang Rusia," katanya.

Dangote memang sempat dikritik oleh sejumlah pihak ketika ingin membeli saham Arsenal. Ia dijuhat karena tidak mau berinvestasi di klub-klub lokal. 

Dangote yang kini berusia 57 tahun menempati posisi ke-67 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes pada saat ini. Kekayaannya diperkirakan bernilai lebih dari 17 miliar USD. Kekayaan itu didapat Dangote hasil dari bisnis semen, gula, tepung, dan minyak. 

Dangote sempat berencana membeli 15,9% saham Arsenal milik Lady Nina Bracewell-Smith pada April 2011 lalu. Nahas bagi Dangote karena keinginnya bertepuk sebelah tangan. (Daily Mail)


(HIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA