Polda Yogyakarta Amankan 6.059 Kosmetik Ilegal

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 07 Jul 2015 16:15 WIB
kosmetik
Polda Yogyakarta Amankan 6.059 Kosmetik Ilegal
Deretan kosmetika ilegal yang diamankan Polda Yogyakarta. Foto: MTVN/Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepolisian Daerah Yogyakarta mengamankan sebanyak 6.059 buah kosmetika ilegal. Ribuan barang ilegal itu diamankan dari pelaku atas nama Wahyudi Bintoro, 24 tahun, warga Candibinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dalam bentuk 40 kardus. 

Barang kosmetik itu meliputi pemutih, obat diet, hingga obat pengencang kulit, baik buatan lokal maupun luar negeri. Kepolisian menangkap pelaku di Jalan Garuda Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, 29 Juni, lalu.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Yogyakarta, Komisaris Besar Andi Fairan mengatakan barang ilegal tersebut mudah dijumpai di mal-mal kota besar atau tempat spa dan salon kecantikan. Hanya saja, kosmetik tersebut tak memiliki izin edar.

"Jaminan bagi pengguna tidak ada. Barang yang kami amankan akan dilakukan uji lab dulu," kata Andi, di Kantor Polda Yogyakarta, Selasa (7/7/2015).

Berdasarkan keterangan kepada polisi, pelaku sudah memiliki banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Pasalnya, selain dijual melalui sosial media, pelaku juga menjual barang itu di bawah harga pasar.

"Dari yang biasanya dijual ratusan ribu, bisa menjadi Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. Mereka tidak saling bertemu saat bertransaksi," ungkapnya.

Jika dikalkulasi, dalam sehari pelaku rata-rata bisa memperoleh uang minimal Rp2 juta. Dalam sebulan, pelaku bisa memiliki omzet hingga ratusan juta rupiah. "Kami masih menduga ada pelaku lain," kata dia.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 157 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Adapun ancaman dari pelanggaran pasal itu adalah kurungan 15 tahun dan denda Rp1,5 miliar.

"Kami mengimbau masyarakat berhati-hati dalam membeli dan menggunakan kosmetik, apalagi yang tak memiliki izin edar," pungkasnya.



(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA