Menkeu Tanggapi Positif Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi ADB

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 07 Jul 2015 16:28 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu Tanggapi Positif Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi ADB
Bongkar Muat (MI,abdus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menurunkan perkiraan target pertumbuhan ekonomi Indonesia 2015 menjadi lima persen. Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro menilai angka tersebut cukup rasional dengan melihat kondisi perekonomian saat ini dan tantangan ke depannya.

"Ini pemikiran yang konstruktif dari ADB," kata Bambang di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2015).

Perkiraan target ADB lebih kecil dari revisi yang dilakukan pemerintah pada level 5,2 persen dari asumsi awal dalam APBN Perubahan 2015 yang ditetapkan 5,7 persen. 

Deputy Country Director ADB Indonesia Edimon Ginting mengatakan revisi tersebut karena tiga alasan. Pertama, kontribusi pemerintah terhadap pertumbuhan diprediksi akan lebih rendah dari proyeksi awal.

Kedua, lanjut dia, karena tertundanya dampak positif dari reformasi ekonomi seperti pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM), perbaikan peraturan akuisisi lahan, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menyederhanakan perizinan investasi.

Alasan ketiga, yakni penundaan pemulihan ekspor karena terus menurunnya harga-harga komoditas dan melemahnya pertumbuhan di berbagai mitra utama perdagangan Indonesia seperti Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.


(SAW)