JK: Krisis Yunani tak Banyak Dampaknya ke Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 07 Jul 2015 16:41 WIB
ekonomi indonesia
 JK: Krisis Yunani tak Banyak Dampaknya ke Indonesia
JK (MI,ADAM DWI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai krisis Yunani tidak akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia.

"Tak banyak dampaknya. Dampaknya pasti ada, tapi tidak banyak," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

JK membantah krisis yang terjadi di negeri para filsuf itu membuat nilai tukar rupiah menjadi anjlok. Kata dia, nilai tukar rupiah telah turun sebelum Yunani dilanda krisis.

Sementara itu, Tim Ahli Ekonomi Wakil Presiden Sofyan Wanandi membenarkan dampak yang dialami Indonesia akibat krisis Yunani itu cukup kecil. Hal itu pun telah diantisipasi agar tak bergejolak.

"Kita paling kena capital market dan exchange rate. Nah kita antisipasi ini supaya tidak bergejolak yang tidak perlu, akibatnya ya kita perbaiki cashflow pemerintah sendiri," jelas Sofyan.

BI pun telah mempersiapkan diri. Lanjut Sofyan, bank-bank telah diinstruksikan untuk mempersiapkan diri mengingat dolar yang akan menguat terkait krisis itu. 

"Sudah dipersiapkan juga bank-bank agar valuta asing kita karena dolar menguat pastinya, seluruh dunia kan menguat jadi ya kan kita tidak bisa bilang kita enggak ada apa-apa, dulu kan pas 97-98 kan Thailand dulu enggak jadi apa-apa tapi kita jebol jadi sudah kita siapkan," jelas Sofyan.



(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA