Tips Mobil

Jangan Sepelekan Rem Tangan, Pastikan Berfungsi dengan Baik

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 09 Jul 2015 10:44 WIB
tips mobil
Jangan Sepelekan Rem Tangan, Pastikan Berfungsi dengan Baik
Periksa rem tangan dan kondisi kampas rem agar sistem pengereman lebih optimal/Driversedguru

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, mempersiapkan kondisi kendaraan menjadi suatu keharusan, agar tidak mengalami kerusakan atau mogok di jalan saat mudik nanti.   

Salah satu komponen yang sering dianggap enteng, dan jarang diperhatikan bagi sebagian orang adalah rem parkir, atau yang umum disebut rem tangan. Padahal komponen yang satu ini punya peran penting dalam sistem pengereman, khususnya kendaraan roda empat atau lebih.

Rem tangan biasanya digunakan pada saat mobil parkir atau berhenti, dan saat mobil berada di jalan yang miring, baik itu tanjakan maupun turunan. Dan yang lebih penting lagi rem tangan ini berfungsi sebagai rem darurat, apabila rem utama mengalami rem blong.

Ada baiknya cek kondisi rem tangan pada kendaraan Anda sebelum pergi mudik. Diantaranya dengan membersihkan cakram/piringan rem. Untuk pemakaian normal, pembersihan cakram/piringan dapat dilakukan setiap 1000 sampai 2000 kilometer.
 
Selain itu periksa kondisi kampas rem secara keseluruhan, karena kampas rem yang sudah habis atau tipis, akan membuat kinerja pengereman menjadi tidak optimal, dan dapat merusak cakram/piringan akibat tergores besi dari kampas rem yang habis.
 
Jika hanya ingin mengecek atau memperbaiki fungsi rem tangan, cukup mengganti kampas rem bagian belakang saja, karena sistem pengereman pada rem tangan hanya terletak di roda bagian belakang.
 
“Tuas rem tangan yang sudah tinggi saat ditarik, bisa menandakan kampas rem roda belakang sudah habis/tipis. Bila diganti dengan kampas rem yang baru, secara otomatis setelan tuas rem tangan tidak tinggi lagi. Ketinggian tuas rem tangan juga bisa disetel sesuai selera, dan penyetelan juga bisa dilakukan biar rem tangan jadi lebih pakem,” beber Mislam yang buka bengkel Speed Shop di daerah Bekasi Timur, Jawa Barat.
 
 


(UDA)