Bukan Kali Pertama Atap Gedung Sekretariat Perpusnas Ambruk

Dheri Agriesta    •    Selasa, 07 Jul 2015 19:15 WIB
bangunan ambruk
Bukan Kali Pertama Atap Gedung Sekretariat Perpusnas Ambruk
Salah satu atap di Kompleks Perpustakaan Nasional ambruk. (Foto: Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Atap Gedung Sekretariat Perpustakaan Nasional ambruk dan menimpa sebuah mobil yang sedang terparkir siang tadi. Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi.

Hal ini diungkap penjaga keamanan Perpustakaan Nasional Prianto. Kata dia, atap dari bagian samping gedung juga pernah ambruk beberapa waktu silam.

"Di samping juga sudah pernah rubuh, tapi sudah diperbaiki. Sudah lama sih itu kejadiannya," kata Prianto di Perpustakaan Nasional, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

Prianto tak ingat secara rinci kapan kejadian itu terjadi. Namun, dia memastikan tak ada korban saat atap gedung itu runtuh.

Atap itu runtuh saat seluruh pegawai yang bekerja di Perpustakaan Nasional sedang libur. "Waktu itu sedang libur, jadi enggak heboh," kata dia.

Prianto memaklumi kejadian ini. Gedung Sekretariat Perpustakaan Nasional ini sudah cukup tua. Apalagi, genteng yang digunakan melampiasi atap cukup berat untuk ditopang kerangka atap.

"Ini kan gentengnya berat," kata dia.

Sore tadi, atap Gedung Sekretariat Perpustakaan Nasional ambruk dan menghantam satu buah mobil yang sedang terparkir. Kejadian itu berlangsung cepat. Bagian ujung atap di lantai dua gedung sempat bergetar sebelum ambruk menghantam mobil yang sedang parkir.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Beberapa orang dikabarkan sempat terkena pecahan genteng atap yang rubuh. Hingga saat ini, genteng dan kerangka atap masih terlihat berserakan di halaman Gedung Sekretariat Perpustakaan Nasional.


(MBM)