Anung-Hasyim Siap Saingi Petahana Wali Kota Solo

Pythag Kurniati    •    Selasa, 07 Jul 2015 20:52 WIB
pilkada serentak
Anung-Hasyim Siap Saingi Petahana Wali Kota Solo
Koalisi Solo Bersama mendeklarasikan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Petahana Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo akan mendapatkan perlawanan dari pasangan Anung Indro Susilo-Umar Hasyim dalam pemilihan kepala daerah serentak, Desember mendatang.

Hari ini, pasangan yang diusung Koalisi Solo Bersama (KSB) itu dideklarasikan setelah Umar Hasyim resmi mendampingi Anung. Enam parpol yang bergabung di KSB, yakni Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Gerindra, sepakat untuk mengusung keduanya.

Penetapan Hasyim sebagai pendamping Anung didasarkan pada sejumlah pertimbangan, yakni basis dukungan, dukungan logistik, dan hasil survei.

Sekretaris KSB, Supriyanto, menjamin penetapan Hasyim tak terpengaruh oleh hal-hal yang subjektif. "Kami membahas lama dan penuh dengan dinamika. Pak Anung juga sudah punya kalkulasi sendiri sehingga ditetapkan Umar Hasyim sebagai calon wakil wali kota," kata dia, ditemui di acara buka bersama sekaligus pengumuman calon wakil wali kota dari KSB, Selasa (7/7/2015).

Supriyanto memastikan besok KSB segera menurunkan surat rekomendasi. Pemilihan Hasyim juga memastikan sejumlah bakal calon wakil wali kota lain gugur, seperti M Taufik (pengacara) dan M Fajri yang diusung Golkar.


(UWA)