Polisi Tangkap Petinggi Kelompok Makar di Tangerang

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 07 Jul 2015 21:48 WIB
terorisme
Polisi Tangkap Petinggi Kelompok Makar di Tangerang
Ilustrasi

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi berhasil menggerebek markas kelompok Negara Rakyat atau Sunda Nusantara di Pabuaran Jayati, Tangerang, Banten, Selasa dini hari tadi. Sejumlah petinggi kelompok makar tersebut berhasil diciduk kepolisian Tangerang.

"Penggerebekan dilakukan setelah polisi mendapat laporan masyarakat tentang adanya kelompok yang membentuk negara sendiri terpisah dari Negara Republik Indonesia," kata Kasat Reskrim Polres Tangerang Kompol Adik Yudiswan saat dikonfirmasi, Selasa (7/7/2015).

Selain menciduk sejumlah petinggi kelompok, kepolisian juga mengamankan sejumlah dokumen gerakan, serta atribut kelompok makar tersebut.

Sejumlah petinggi kelompok tersebut mengaku bahwa negaranya menganut idiologi paham munarki. Di mana menganggap kejayaan bangsa bakal tercapai dengan dikembalikannya sistem Kerajaan Sunda tempo dulu. 

Mereka beralasan membentuk negara itu karena kecewa dengan Indonesia yang dianggap tidak bisa membawa perubahan kehidupan bagi masyarakatnya. 

Bahkan, Sahrun Asikin yang merupakan pimpinan koordinator cabang Sunda Nusantara wilayah Tangerang, mengaku telah memiliki lebih dari 400 anggota di wilayah Tangerang. 

Namun, para kelompok makar tersebut menolak untuk dimintai keterangannya, tentang keberadaan Negara Sunda Nusantara saat dibawa ke Polres Tangerang. 

Adik mengatakan penggerebekan terhadap gerakan Sunda Nusantara ini dilakukan sebagai upaya menangkal adanya gerakan makar yang dilakukan kalangan dan pihak tertentu.


(AZF)