Berikut Prediksi Titik Kemacetan di Jalur Tengah Jawa Timur

Amaluddin    •    Selasa, 07 Jul 2015 22:16 WIB
ramadan 2015
Berikut Prediksi Titik Kemacetan di Jalur Tengah Jawa Timur
Pekerja melakukan pengerasan jalan pada proyek pelebaran arteri jalan nasional di Trenggalek, Jawa Timur, Kamis (2/7). Foto: Antara/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Surabaya: Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur meminta pemudik mewaspadai jalur tengah saat mudik ke Jawa Timur. Jalur tengah yang rawan macet itu antara lain di Ngawi, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto dan Surabaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Komisaris Besar Verdianto menjelaskan untuk wilayah Kabupaten Mojokerto titik kemacetan bakal terjadi di simpang empat Trowulan, tepatnya di kilometer 62.

Titik kemacetan di Jombang meliputi Jalan Raya Simpang Empat Braan Bandar Kedungmulyo dan Jalan Raya Mojoagung. Kemacetan juga mungkin terjadi di Simpang Empat Mengkreng.

"Karena ada crossing (benturan) arus dari Jombang, Kediri, dan Kertosono. Volume kendaraan tidak seimbang dengan volume jalan raya. Ditambah ada lintasan kereta api," kata Verdianto, Selasa (7/7/2015).

Titik kemacetan di Kertosono, Nganjuk, biasa terjadi di Simpang Empat TL Kertosono. Kondisi ini disebabkan adanya tumpukan kendaraan dari Simpang Empat Mengkreng. Juga ada titik macet di perlintasan kereta api Mintil karena adanya kereta api yang melintas dan Pasar Bagor yang sering tumpah ke bahu jalan.

Untuk wilayah Ngawi, lokasi kemacetan diperkirakan terjadi di Mantingan kilometer 12 hingga 13, Desa Banjarrejo, Kecamatan Widodaren. Serta di Desa Gendingan Widodaren Mantingan pada Kilometer 16 hingga 17.

Tak hanya itu, di Kota Surabaya pun kemacetan diprediksi terjadi. Di antaranya di Jalan Ahmad Yani, Wonocolo, depan Stasiun Wonokromo, Gunungsari-Bumiharjo, dan Darmo-Polisi Istimewa-Pandegiling.

Selanjutnya, Jalan Polisi Istimewa-Darmo-dr Soetomo;  Mayjen Sungkono-HR Muhammad; dan Pasar Besar-Pahlawan-Tembaan-Jalan Semarang.

Kemacetan juga bakal mengular di Dupak-Pasar Turi-Demak; Jalan Veteran-Kebunrojo-Pahlawan-Gemblongan; Manyar-Nginden-Panjang Jiwo; Jalan Manyar Kertoarjo-Kertajaya; Jalan Kedung Cowek-Jembatan Suramadu; Jalan Tandes; Jalan Wiyung-Lakarsantri; Jalan Mastrip; Jemursari; dan Jalan Jemurhandayani.

"Nah, jalur-jalu tersebut rentan terjadi kemacetan. Jadi pemudik harus mengetahui jalur rawan," tandasnya.


(UWA)