BPOM: Kenaikan Produk Ilegal Sungguh Luar Biasa

Husen Miftahudin    •    Selasa, 07 Jul 2015 22:17 WIB
bpom
BPOM: Kenaikan Produk Ilegal Sungguh Luar Biasa
Produk ilegal (MI,ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan produk ilegal senilai Rp21,1 miliar selama bulan Ramadan. Angka tersebut naik sebanyak 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Luar biasa untuk produk ilegal. Produk ilegal ini dua tahun belakangan meningkat luar biasa," kata Kepala BPOM, Roy Sparinga dalam media briefing terkait Hasil-hasil Pengawasan Barang Beredar Tahun 2015 Periode Januari hingga Juni di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2015).

Ia memaparkan produk illegal menguni deretan teratas dari tiga produk yang tak layak edar seperti produk ilegal, produk rusak dan produk kadaluarsa.

“Yang paling banyak beredar di Indonesia adalah produk ilegal dengan persentase sebesar 78 persen. Selanjutnya adalah produk kadaluarsa sebesar 16 persen dengan nilai mencapai Rp4,5 miliar. Dan produk rusak dengan prosentase edar sebesar lima persen,” kata dia.

Maka itu, pihaknya menggandeng  Polair dan Kepolisian untuk mendalami penyebab masuknya produk yang tak layak edar tersebut. 

Selain itu, ia mendorong agar kementerian dan lembaga teknis terkait untuk memperkuat sistem keamanan di pintu masuk setiap pelabuhan antarpulau dan internasional.

Menurut Roy, produk-produk yang tak layak edar tersebut masuk ke Indonesia melalui pelayaran antarpulau. Selain itu, produk itu tak langsung masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok, melainkan melalui Kota Dumai, Kepulauan Riau

"‎Modus operandinya berubah. Antar pulau itu harus ditingkatkan. Simpul ilegal di Jakarta. Karena Jakarta banyak sekali konsumen, dan dari Jakarta tersebar ke mana-mana," pungkas Roy.


(SAW)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

47 minutes Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA