Kemungkinan Perbedaan 1 Syawal, Menag Harap Masyarakat Dapat Menerimanya

Intan fauzi    •    Rabu, 08 Jul 2015 06:11 WIB
ramadan 2015
Kemungkinan Perbedaan 1 Syawal, Menag Harap Masyarakat Dapat Menerimanya
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penentuan 1 Syawal 1436 H berpotensi berbeda-beda. Menurut Menteri Agama, Lukam Hakim Saifuddin, kemungkinan perbedaan selalu ada.

"Jadi dari sisi kemungkinan tentu kemungkinan perbedaan itu ada, tapi disamakan pun besar peluangnya," kata Lukman usai mengikuti diskusi Majelis Kemisan "Islam Nusantara" di rumah dinasnya, di Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2015).

Meski demikian, pemerintah tetap berharap agar perayaan Idul Fitri tahun ini dapat serentak. Persamaan pandangan dalam menentukan hilal harus disamakan.

"Pemerintah tentu berharap bisa satu pandangan dalam menentukan kriteria hilal. Dilihatnya itu seperti apa sehingga keputusan memasuki 1 Syawal sama-sama seluruh umat islam di Indonesia," ujarnya.

Namun, jika perbedaan tersebut tidak dapat dielakkan, Lukman berharap masyarakat tetap berjiwa besar menerima perbedaan itu. "Tapi kalau taruhlah kemudian perbedaan itu tidak bisa disamakan, ya kita harus berjiwa besar menerima perbedaan. Dan saya mengharapkan, masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan itu," paparnya.

"Intinya pemerintah masih harus menunggu bagaimana keputusan yang dihasilkan oleh sidang isbat yang dilakukan 29 Ramadan nanti," tambahnya.


(AZF)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA